DPRD Segera Panggil Disdik Soal Komputer UNBK


Rabu, 12 April 2017 - 11:31:21 WIB
DPRD Segera Panggil Disdik Soal Komputer UNBK

PAINAN,HALUAN—DPRD Sumbar akan segera memanggil Dinas Pendidikan Sumbar untuk mencari solusi penggadaan komputer untuk pelaksanaan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK). Sehingga, tahun depan semua sekolah SMA dan SMK sudah melaksanakan UNBK tanpa takut kekurangan komputer.

Hal ini disampaikan oleh Ketua DPRD Provinsi Sumatera Barat Hendra Irwan Rahim usai melakukan tinjuan ke SMA N 1 Painan, SMA N 2 Painan, dan SMA N 3 Painan. Dari tiga sekolah tersebut, hanya SMA N 3 Painan yang melaksanakan UNBK, sedangkan SMA lainnya masih menggunakan kertas dan pensil dalam pelaksaan UN. “Hanya ada SMA N 3 Painan yang baru melaksanakan UNBK, tentunya ini menjadi perhatian dan tugas kita bersama agar UN tahun depan tidak ada lagi yang menggunakan kertas dan pensil,”ujar Hendra pada Haluan di SMA N 2 Painan, Selasa (11/4).

Lebih lanjut Ia mengatakan,terkait masalah anggaran pengadaan komputer yang menjadi persoalan utama pelaksanaan UNBK, Hendra akan membicarakan dengan Dinas Pendidikan Provinsi Sumatera Barat untuk segera membahasnya. Apakah akan menggunakan dana APBD Provinsi, bantuan dari Pusat, atau dari pemerintah daerah kabupaten dan kota setempat. “Kita akan segera panggil dinas terkait membahas pengadaan komputer. Namun bagaiamana pun kewengan SMA dan SMK sudah berada di provinsi sehingga provinsi pun tidak bisa lepas tangan. Tetapi pemerintah daerah setempatpun jangan berpangku tangan hanya mengharapkan bantuan dari provinsi,”ujar Hendra.

Pengadaan komputer harus merata di setiap sekolah yang mengadakan UN. Jika tidak, maka akan terjadi kecemburuan antar sekolah, sehingga pemerintah harus berpikir dan berusaha untuk memenuhi permasalahan ketersediaan komputer. Selain permasalahan fasilitas komputer, Hendra pun mengatakan untuk peningkatan kualitas pendidikan di Sumatera Barat tentunya harus dimulai dari guru.

Saat ini hampir 50 persen guru-guru masih berstatus honorer, baik dari tingkat sekolah dasar, sekolah menengah, hingga sekolah menengah atas dan kejuruan.Padahal seharusnya, bagi sekolah kejuruan tentunya guru-guru yang mengajar harus melalui training untuk dapat meningkatkan ilmu dan selalu berkembang. “Memang perlu biaya tinggi untuk peningkatan kualitas pendidikan, namun kita harus segera mencarikan solusi terhadap permasalahan-permasalahan yang ada di sekolah,” katanya.

Sementara itu, Tukino, Kepala Sekolah Menengah Atas (SMA) N 1 Painan mengatakan, di hari kedua pelaksanaan UN berjalan lancar. Sebanyak 239 siswa dari 118 jurusan IPA dan 121 jurusan IPS selama dua hari pelaksanaan UN hadir semua. Tukino menuturkan SMA N 1 Painan masih melaksanakan Ujian Nasional Berbasis Kertas dan Pensil (UNKP). “Sebenarnya kami sangat ingin melaksanakan UNBK, tetapi akibat keterbatasan sarana komputer sehingga menjadi penghambat terwujudnya UNBK tahun ini,” kata Tukino.

Tukino menyebutkan komputer yang tersedia di SMA N 1 Painan hanya sebanyak 15 unit. Padahal untuk bisa melaksanakan UNBK persyaratan jumlah komputer adalah 30 persen dari total siswa yang ikut UN. Jadi dari 239 siswa, setidaknya SMA N 1 Painan harus memiliki 80 komputer. Kekurangan sebanyak 65 unit komputer ini membutuhkan anggaran sekitar Rp500 juta hingga Rp600 juta dengan hitungan satu unit komputer dan perangkat penunjang seharga Rp9 juta.

“Kami tidak bisa memberatkan pengadaan komputer kepada siswa, karena melihat kondisi perekonomian mayoritas siswa yang menengah ke bawah. Untuk itu, kami meminta bantuan kepada pemerintah untuk pengadaan komputer agar ujian kedepan bisa lebih kredibel dan akuntabilitas,” ujarnya.

Ia mengaku sudah meminta bantuan dengan mengirim proposal kepada pemerintah pusat dan pemerintah provinsi terkait pengadaan komputer. Namun hingga saat ini belum mendapatkan jawaban. “Sudah kami coba meminta bantuan, tetapi belum ada respon. Mungkin karena banyak yang meminta, jadi harus bersabar,” sebutnya. 

Tukino menyebutkan di Painan baru SMA N 3 Paman yang melaksanakan UNBK, sedangkan untuk SMK baru 6 sekolah. Sisanya masih menggunakan kertas dan pensil dalam pelaksanaan UN. (h/mg-mel)  

 





Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]




TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM