Hadang Mobil Boks, Polres Arusuka Temukan Ribuan Bungkus Rokok Ilegal


Rabu, 12 April 2017 - 21:25:03 WIB
Hadang Mobil Boks, Polres Arusuka Temukan Ribuan Bungkus Rokok Ilegal Petugas Satreskrim Polres Arosuka bersama barang bukti ribuan bungkus rokok ilegal, saat diamankan di Mapolres, Rabu (12/4). Ist

AROSUKA, HARIANHALUAN.COM—Produk ilegal atau tidak sesuai ketetuan peraturan yang berlaku mulai menjamur di daerah, tak terkecuali di Kabupaten Solok. Kali ini, Satreskrim Polres Arosuka berhasil menyita 9.600 bungkus rokok yang diduga tanpa cukai Rabu (12/4).

 

Bersama dengan ribuan bungkus rokok ilegal itu, petugas juga berhasil menangkap seorang pelaku yang diduga kuat sebagai penjual rokok tersebut.

 

Dari informasi nan berhasil dihimpun Harianhaluan.com menyebutkan, penangkapan pelaku Wirsal (39), warga Tembok, Jorong Pakan Sabtu, Nagari Panyakalan, Kecamatan Kubung, Kabupaten Solok tersebut, berawal dari hasil penyelidikan petugas di lingkungan pasar seluruh Sumbar. Termasuk menyelidiki semua jenis mobil dan sepeda motor kampas yang dicurigai membawa rokok ilegal.

 

Sekitar pukul 15.30 WIB, petugas menghadang  satu unit mobil jenis Minibus Merek Daihatsu warna putih, Nopol BA 1651 QE dikawasan jalan lintas Solok-Padang, tepatnya, di Jorong Aro, Nagari Talang, Kecamatan Gunung Talang.  Petugaspun kemudian langsung melakukan penggeledahan dan menemukan ribuan bungkus rokok dengan merek tidak jelas dalam boks mobil tersebut.

 

Diantaranya, rokok merek Claster, CC Black, Combey, Record, Maxx, R1, Start Light, dan Centro.

 

"Wirsal diamankan bersama dua orang rekannya yang bekerja untuk pelaku sebagai saksi," terang Kapolres Arosuka Solok AKBP Reh Ngenana melalui Kasat Reskrim AKP Edwin.

 

Dari hasil penyelidikan kata Edwin, pihaknya menemukan rokok dengan pita cukai yang tidak sesuai berat bersih. Terhadap  itu,  pelaku jelas melanggar Pasal 54, 55, dan 58 UU Nomor 11 Tahun 1995 Jo UU Nomor 39 Tahun 2007 tentang Cukai dan PP Nomor 55 Tahun 1996 tentang Penyidikan Tindak Pidana Kapabeanan dan Cukai. Serta, diancam pidana maksimal 5 Tahun penjara.

 





Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]




TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM