Ratusan Pemburu Babi Berburu di Pematang Panjang


Sabtu, 15 April 2017 - 03:37:46 WIB

AGAM, HALUAN -- Padang Paburuan, Jorong Pematang Panjang, Nagari Sitanang, Kecamatan Ampek Nagari, bakal dijajal pencandu buru babi dari berbagai daerah di Sumbar, Minggu (16/4).

Ketua Pemuda Pematang Panjang, Chandra Putra St Marajo, Jumat (14/4) di kantor Wali Nagari Sitanang mengatakan, alek gadang buru babi itu didukung sepenuhnya masyarakat Jorong Pematang Panjang, Wali Jorong Pematang Panjang, dan Wali Nagari Sitanang.

Dikatakannya, kegiatan dipelopori oleh pemuda. Undangan sudah dilayangkan ke berbagai kabupaten dan kota di Sumbar. Kegiatan tersebut merupakan salah satu cara untuk membasmi hama babi hutan.

Dikatakannya, biasanya pemuda Jorong Pematang Panjang selalu melakukan buru babi secara rutin, setiap pekan. Namun untuk perburuan kali ini diharapkan lebih besar. Ini bertujuan  bukan saja untuk memusnahkan babi hutan, tetapi juga sebagai olah raga.

“Biaya pelaksanaan merupakan dukungan sukarela dari warga jorong. Babi hutan sangat mengganggu petani. Bukan saja petani tanaman pangan, petani sawit pun mengeluhkan gangguan babi hutan,” katanya.

Ia menambahkan, pemuda Pematang Panjang cukup banyak kegiatan kepemudaan untuk semangat cinta kampung. Gairah tersebut tetap dipelihara, sebagai modal pembangunan kampung halaman. Seperti pemuda Jorong Pematang Panjang berhasil membangun lubuk larangan sepanjang 2.400 meter di aliran Batang Sitanang. (h/yat)

loading...
Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]