Pelaku UMKM Difasilitasi Jaringan Ekspor


Senin, 17 April 2017 - 10:54:59 WIB

PADANG, HALUAN—Dalam rangka memperluas pasar ekspor di Sumatra Barat (Sumbar), Kementerian Perdagangan dan Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo) Sumbar akan mengadakan seminar dan klinik bisnis pada 19 April di Basko Hotel.

Ketua Apindo Sumbar, Muzakir Aziz, mengutarakan, seminar tersebut digelar dalam rangka menindaklanjuti nota kesepahaman Direktorat Jenderal Pengembangan Ekspor Nasional (DJPN) Kementerian Perdagangan dengan Apindo dalam rangka mendorong pelaku usaha daerah untuk meningkatkan akses pasar tujuan ekspor.

“Nanti pelaku usaha akan diberikan informasi peluang dan regulasi ekspor dan impor di luar negeri,” ujarnya saat dihubungi Haluan di Padang, Minggu (16/4).

Muzakir Aziz memaparkan, seminar tersebut difokuskan kepada pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM). Saat ini para pelaku UMKM di Sumbar buta informasi mengenai ekspor. Mereka mengira ekspor adalah sesuatu yang wah dan luar biasa. Padahal, semua jenis produk UMKM bisa diekspor.

“Selain buta informasi mengenai ekspor, para pelaku UMKM di Sumbar juga tidak memiliki jaringan ekspor. Oleh karena itu, Kementerian Perdagangan akan memfasilitasinya dengan pelaku usaha di negara tujuan ekspor,” tuturnya.

Ia melanjutkan, peluang pasar produk UMKM saat ini terbuka di negara seperti Pakistan, India, dan Timur Tengah. Jadi, pada seminar dan klinik tersebut Kementerian Perdagangan akan membawa perwakilan kedutaan besar negara tujuan tersebut untuk mengenalkan pelaku UMKM di Sumbar dengan mitra pelaku usaha di negara tujuan ekspor. (h/dib)

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Senin, 13 April 2020 - 15:41:35 WIB

    Terdampak Covid-19, Kadin Pasaman Minta Pemkab Selamatkan Pelaku UMKM

    Terdampak Covid-19, Kadin Pasaman Minta Pemkab Selamatkan Pelaku UMKM PASAMAN, HARIANHALUAN.COM - Ketua Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Kabupaten Pasaman, Sumatera Barat, meminta pihak pemerintah kabupaten setempat segera menyelamatkan pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) yang turut t.
  • Kamis, 05 Maret 2020 - 18:12:09 WIB

    Pelaku UMKM di Pasaman Menjerit Kesulitan Dapatkan Pinjaman Modal Bank BUMN

    Pelaku UMKM di Pasaman Menjerit Kesulitan Dapatkan Pinjaman Modal Bank BUMN PASAMAN, HARIANHALUAN.COM - Pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) di Kabupaten Pasaman mengaku kesulitan mengakses pinjaman ke bank, salah satunya bank BUMN, karena diharuskan memiliki agunan atau jaminan..
  • Ahad, 09 Februari 2020 - 15:43:49 WIB

    Pelaku UMKM di Pasaman Butuh Keberpihakan Pemerintah

    Pelaku UMKM di  Pasaman Butuh Keberpihakan Pemerintah PASAMAN, HARIANHALUAN.COM - Pelaku Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) di Kabupaten Pasaman, Sumatera Barat, membutuhkan keberpihakan pemerintah setempat dalam mengembangkan usaha yang ditekuninya..
  • Rabu, 05 Februari 2020 - 15:03:53 WIB

    Biji Kopi Arabica Solsel Diminati Dunia, Tapi Minim Pelaku Usaha

    Biji Kopi Arabica Solsel Diminati Dunia, Tapi Minim Pelaku Usaha SOLOK SELATAN, HARIANHALUAN.COM - Biji Kopi (green bean, red) jenis Arabica asal Sumbar, Kabupaten Solsel diminati masyarakat dunia. Akan tetapi belum mampu memenuhi permintaan pasar dunia dikarenakan keterbatasan jumlah pela.
  • Rabu, 11 Desember 2019 - 19:51:09 WIB

    Rayakan HUT ke-62, PT Pertamina Apresiasi Pelaku UMKM

    Rayakan HUT ke-62, PT Pertamina Apresiasi Pelaku UMKM PADANG, HARIANHALUA.COM-Dalam rangka Hari Ulang Tahun (HUT) ke 62 PT Pertamina (Persero) (10/12), Pertamina memberikan apresiasi untuk lima kategori. Kategori tersebut yaitu kategori Pertamina Berdikari, kategori Pertamina Hi.
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]