BBPOM Periksa Penyimpan Jutaan Butir Obat


Sabtu, 22 April 2017 - 08:02:18 WIB
BBPOM Periksa Penyimpan Jutaan Butir Obat ilustrasi

PADANG, HALUAN –Balai Besar Pengawasan Obat dan Makanan (BBPOM) Padang terus melakukan pengembangan kasus penyimpanan jutaan butir obat secara ilegal. Jumat (21/4), pemiliknya sudah diperiksa BBPOM, untuk dimintai keterangan.

Kepala BBPOM Padang, Zulkifli menyebut, pemilik obat dan rumah penyimpanan ratusan kardus obat-obatan dimintai keterangan oleh Penyidik Pegawai Negeri Sipil (PPNS). Dalam pemeriksaan, penyidik menanyakan alur pendistribusian obat.

"Kami sudah memanggil pemilik rumah untuk dimintai keterangannya. Sekadar dimintai keterangan. Sejauh ini belum ada penambahan saksi atau pelaku lainnya terkait temuan ratusan kardus obat-obatan tersebut,” ungkap Zulkifli.

Saat ini BBPOM fokus terlebih dahulu untuk memeriksa pemilik rumah dan menghitung berapa banyak dan jenis obat apa saja yang disimpan.

“Untuk diketahui, dalam penghitungan obat-obatan tersebut, nantinya juga akan dilibatkan pihak dari Polda Sumbar, khususnya dari Ditreskrimsus dan Ditresnarkoba, untuk berjaga jika seandainya nanti ditemukan obat-obatan terlarang yang beredar di pasaran," papar Zulkifli.

Dari pantauan Haluan, pascapenggerebekan rumah penyimpanan kardus obat-obatan, rumah di Nomor 22, Jalan Kartini, Kelurahan Padang Pasir, Kecamatan Padang Barat, Kota Padang, tidak terlihat sejumlah aktifitas dan bahkan cenderung sepi. Hanya terlihat dua unit mobil jenis Toyota Yaris dan Daihatsu Luxio.

Sebelumnya diberitakan, petugas Balai Besar Pengawasan Obat dan Makanan (BBPOM) Padang dan jajaran Polda Sumbar menggerebek lokasi penyimpanan obat, Kamis (20/4). Ratusan kardus obat-obatan disita. Ada dugaan, obat-obat tersebut masuk ke Sumbar lewat jalur ilegal.  (h/mg-adl)

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]