Sekolah di Padang Bakal Pakai Konsep Shelter


Senin, 24 April 2017 - 14:32:30 WIB
Sekolah di Padang Bakal Pakai Konsep Shelter KEPALA BNPB DI SHELTER GEMPA--Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Willem Rampangilei bersama Danlanud Tabing Kolonel PNB I Putu Gede Suartika meninjau shelter gempa di Paruk Tabing, Padang. Shelter tersebut satu satu tenpat evakuasi warga yang berada di kawasan tersebut. RIVO SEPRI ANDRIES

PADANG, HARIANHALUAN.COM-- Kondisi Kota Padang yang rawan bencana, membuat pemerimtah harus memikirkan keselamatan warganya ketika terjadi gempa yang berpotensi tsunami.
 

Antisipasinya adalah dengan konsep tentang pembangunan sekolah shelter. Konsep tersebut nantinya akan dibangun pada daerah-daerah  zona merah terutama  disepanjang pesisir pantai. 
 

Walikota Padang Mahyeldi Ansharullah kepada Harianhaluan.com mengatakan pihaknya telah melakukan diskusi dan menawarkan konsep sekolah shelter tersebut kepada Kepala BNPB Provinsi Sumatera Barat.
 

“Pada tanggal 3 Mei 2017, akan dilakukan seminar dan memberi tahukan kepada BNPB, Kementrian Pendidikan, Kementrian Keuangan dan pihak terkait lainnya, tentang konsep pembangunan sekolah shelter tersebut, “ujar Mahyeldi, Sabtu (22/4).
 

Mahyeldi mengungkapkan, konsep sekolah shelter tersebut  terbagi dua, yakni saat dalam kondisi aman, gedung dapat digunakan sebagai ruang kelas. Sementara jika terjadi bencana dimanfaatkan sebagai tempat penampungan pengungsi, tempat  penerimaan bantuan, tempat kegiatan pembinaan trauma konseling bagi pengungsi, khususnya peserta didik yang mengalami trauma fisik.
 

Menurut Walikota, di negara-negara Jepang dan lainnya, sekolah-sekolah telah dirancang sebagai tempat yang aman digunakan untuk penyelematan dini jika terjadi bencana gempa berpotensi tsunami.
 

"Kami dapat mencontoh negara jepang yang menjadikan sekolah sebagai shelter. Negara yang juga sangat rawan terhadap bencana gempa bumi dan tsunami,"kata Mahyeldi. (h/mg-mel)

loading...

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Jumat, 22 November 2019 - 13:51:31 WIB

    DPRD Padang: Hentikan Pungli di Komite Sekolah!

    DPRD Padang: Hentikan Pungli di Komite Sekolah! PADANG, HARIANHALUAN.COM - Maraknya pungutan liar dengan modus pembayaran komite sekolah membuat DPRD Kota Padang geram. Anggota DPRD Kota Padang Helmi Moesim Jumat (23/11) mengatakan, dalam Permendikbud Nomor 75 tahun 2016 t.
  • Rabu, 06 September 2017 - 22:23:49 WIB

    Rekam Data KTP el, Dukcapil Sasar Lapas dan Sekolah

    Rekam Data KTP el, Dukcapil Sasar Lapas dan Sekolah PADANG, HARIANHALUAN.COM--Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kota Padang sasar Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Klas II A, Muaro, sekolah-sekolah dan panti asuhan untuk merekam data warga dalam penerbitan Kar.
  • Rabu, 26 April 2017 - 09:04:21 WIB

    Pemko Padang Canangkan Konsep Sekolah Shelter

    Pemko Padang Canangkan Konsep Sekolah Shelter PADANG, HALUAN -- Pemerintah Kota Padang saat ini sedang merancang konsep tentang pembangunan sekolah shelter. Konsep sekolah shelter tersebut nantinya akan dibangun pada daerah-daerah zona merah terutama disepanjang pesisi.
  • Kamis, 15 Desember 2016 - 01:02:31 WIB

    Tiga Sekolah di Padang Raih Adiwiyata Nasional

    Tiga Sekolah  di Padang Raih Adiwiyata  Nasional JAKARTA, HALUAN — Sebanyak 860 sekolah mulai dari tingkat SD hingga SLTA se Indonesia masuk dalam daftar penilaian Kementerian Lingkungan Hidup dan Ke­hu­tanan (KLHK), untuk kemudian diberikan Peng­hargaan Adiwiyata 20.
  • Rabu, 23 November 2016 - 01:03:36 WIB

    Bulan Imunisasi Anak Sekolah Sasar 48.765 Pelajar Sekolah Dasar

    PADANG, HALUAN—Dinas Kesehatan Kota Padang melakukan kegiatan rutin berupa Bulan Imunisasi Anak Sekolah (BIAS), dengan pemberian vaksin Difteri dan Tetanus. Kegiatan ini diperuntukkan bagi siswa kelas satu hingga kelas t.

Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]