Simulai Pagi Ini Jadi Bahan Evaluasi BPBD Padang


Rabu, 26 April 2017 - 09:34:46 WIB
Simulai Pagi Ini Jadi Bahan Evaluasi BPBD Padang Kepala BPBD Kota Padang Edi Hasymi meninjau pelaksanaan pelatihan SAR bagi KSB di Padang beberapa waktu lalu. IST

PADANG, HALUAN – Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Padang Edi Hasymi menyebutkan simulasi pada peringatan Hari Kesiapsiagaan Bencana Nasional, Rabu (26/4) ini sebagai bahan evaluasi. Rencananya, pada pukul 10.00 WIB pagi ini, kegiatan simulasi yang terdiri dari ujicoba penggunaan sirine tsunami dan shelter serta evakuasi mandiri warga, seluruh infrastruktur akan dilihat fungsinya.

“Dari laporan awal, ada sejumlah sirine tsunami yang tak berfungsi. Setidaknya, ada tujuh yang rusak. Dan untuk itu, kami akan mengevaluasi. Timnya sudah kami bentuk yang akan mensurvei kondisi di lapangan,”kata Edi kepada Haluan.

Dijelaskannya, di Padang ini terdapat 46 sirine tsunami, dimana sebagian dari jumlah itu dikelola pihak Provinsi Sumbar dan sebagian lagi di kelola oleh Padang dan BNPB. Sementara, untuk shelter, terdapat 74 unit. Empat di antaranya,merupakan shelter dan lainnya bangunan perkantoran, sekolah dan rumah ibadah yang diperuntukkan sebagai TES (Tempat Evakuasi Sementara)

“Temuan tim yang kami bentuk tersebut akan jadi catatan untuk kami yang bisa menjadi dasar kebijakan yang akan diambil, baik oleh kami di BPBD maupun pemerintah kota,”kata Edi. (h/mat)

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]