Saling Klaim Ikan Bilih, Wagub Sumbar: Kedua Bupati Harus Lapang Dada


Kamis, 27 April 2017 - 12:21:18 WIB
Saling Klaim Ikan Bilih, Wagub Sumbar: Kedua Bupati Harus Lapang Dada DANAU SINGKARAK--Nelayan tetap nekat berlayar di Danau Singkarak, Kabupaten Tanah Datar. RIVO SEPTI ANDRIES

PADANG, HARIANHALUAN.COM--Terkait dengan salling klaim ikan bilih danau singkarak dalam pengajuan indikasi Geografis (IG) untuk Hak Kekayaan Intelektual (HKI)  oleh dua kabupaten yakni Tanah Datar dan Solok.

 

Baca Juga : Wabup Pessel Resmikan Masjid Ar-Rahman Rawa Bubur Tapan

Wakil Gubernur Sumatera Barat Nasrul Abit bakal membahas masalah tersebut dengan kedua bupati. Ia menjelaskan, dengan adanya HKI pemerintah daerah dapat mengetahui produk yang bernilai IG salah satunya ikan bilih.

 

Baca Juga : Pantauan Perkembangan Virus Corona di Sumbar: Positif 169, Sembuh 162, dan Meninggal Dunia 4 Orang

“Saya berencana mengundang Kemenkumham membahas IG ini. Jadi mana kabupaten dan kota yang mempunyai IG bisa dipatenkan. Sekaligus membahas ,masalah saling klaim ini,” tuturnya.

 

Baca Juga : Safari Ramadan, Gubernur: Yang Menguatkan Iman dan Adab adalah Alquran

Disampaikannya, ia berencana bakal bertemu Bupati Tanah Datar Irdinansyah dan Bupati Solok Gusmal.

 

Baca Juga : Bantu Korban Bencana di Sulbar, Pemprov Sumbar Kembali Gelontorkan Dana Rp241 Juta

“Nanti saya bertemu dengan pak Irdinanyah dan pak Gusmal, saya minta mereka berlapang dada, angkat sajalah Singkarak Sumatera Barat. Barangkali kalau kedua bupati bisa menerima ini mungkin bisa keluar (IG/hak paten). Kalau tidak ya tidak bisa keluar,” paparnya.

 

Ikan bilih, bilis atau sebagian masyarakat menyebutnya bako adalah ikan jenis air tawar yang hanya dapat ditemui di Sumatera (Endemik) terutama di Danau Singkarak dan Danau Maninjau.

 

Ikan bilis merupakan ikan konsumsi yang penting, setidaknya secara lokal di Sumatera Barat. Ikan ini mendominasi hingga 73,8% produksi ikan Danau Singkarak pada tahun 2003, yang totalnya mencapai 352,3 ton. Namun, produksi ini sebetulnya sudah banyak menyusut, apabila dibandingkan dengan produksi pada tahun 1998 sebesar 736,46 ton; dan penyusutan produksi ini sudah diramalkan sebelumnya (h/rvo).

 

Baca juga: Dua Kabupaten Saling Klaim Ikan Bilih Pengajuan IG Ditunda Kemenkumham

 

Editor: Rivo Septi Andries

Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]