Potret Kemiskinan

Tinggal di Pondok, Keluarga Ini Hanya Makan Nasi Putih, Anaknya Putus Sekolah


Selasa, 02 Mei 2017 - 21:54:30 WIB
Tinggal di Pondok, Keluarga Ini Hanya Makan Nasi Putih, Anaknya Putus Sekolah Lena Mardiana bersama empat orang anaknya serta hewan peliharaan yang berada di pondok beratap rumbia di Padang Gubalo, Korong Ladang Laweh, Nagari Sicincin, Kecamatan 2 X II Enam Lingkung, Kabupaten Padang Pariaman. Bustanul Arifin
Untuk memenuhi kebutuhan makan dan minum ia memelihara kambing masyarakat dengan cara bagi hasil.


“Kadang-kadang anak-anak hanya makan nasi putih saja, atau pakai garam dengan sayur seadanya. Suami saya hanya bekerja sebegai buruh tani, kadang ada pekerjaan kadang-kadang tidak ada. Yang jelas kami tetap berusaha untuk menghidupkan anak-anak dengan cara begini," terangnya.
 

Ia menjelaskan setiap malam bersama suami dan anak-anak hanya bisa duduk sambil bercerita. Sunyi terasa, tidak ada cahaya lampu, suara televisi, atau mainan anak-anak yang bisa membuat buah hantinya senang.

 

“Ini lah yang kami rasakan setiap hari setiap malam,” tuturnya.

 

Sementara untuk kesehatan anak-anaknya ia harus menempuh jarak tempuh sekitar 6 kilometer lebih jika ingin ke posyandu.

 

"Kalau ada anak yang sakit terpaksa saya ke tempat posyandu itu, kalau tidak terpaksa ditahan saja di rumah. Dan selama ini juga belum ada tenaga medis yang berkunjung kerumah saya, hanya saya yang selalu berkunjung ketempat tenaga medis yang sedang melaksanakan Posyandu," ungkapnya. (h/bus)
 

 

 



Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com


[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]




TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Kamis, 20 Februari 2020 - 14:11:33 WIB

    Tiga Nagari masih Tertinggal di Limapuluh Kota

    Tiga Nagari masih Tertinggal di Limapuluh Kota LIMAPULUH KOTA, HARIANHALUAN.COM -- Secara bertahap, Pemerintah Kabupaten Limapuluh Kota terus berupaya untuk mendorong nagari-nagari yang ada keluar dari status ketertinggalan. Alhasil, sampai tahun ini, dari 79 nagari yang .
  • Selasa, 05 Juni 2018 - 23:26:03 WIB

    Wagub Nasrul Abit Minta Pasbar 2019 Keluar dari Status Ketertinggalan

    Wagub Nasrul Abit Minta Pasbar 2019 Keluar dari Status Ketertinggalan PASBAR,  HARIANHALUAN.COM -- Wakil Gubernur Sumbar, Nasrul Abit, mengingatkan agar Kabupaten Pasaman Barat hingga akhir tahun 2019 sudah berubah status menjadi daerah yang keluar dari ketertinggalan. Ini sebuah spirit memaju.
  • Selasa, 28 Februari 2017 - 10:34:45 WIB

    Jangan Sampai Maninjau Ditinggal Wisatawan

    Jangan Sampai Maninjau Ditinggal Wisatawan PADANG, HALUAN – Pengamat Pariwisata, dari Universitas Andalas (Unand), Sari Lenggogeni, menilai Pemerintah Kabupaten Agam harus kreatif memanfaatkan situasi Danau Maninjau saat ini agar tetap dikunjungi wisatawan mancanega.
  • Senin, 23 Januari 2017 - 10:48:27 WIB

    Warga Sulit Air Keluhkan Infrastruktur yang Masih Tertinggal

    Warga Sulit Air Keluhkan Infrastruktur yang Masih Tertinggal SOLOK, HALUAN--Upaya untuk mendorong perkembangan nagari Sulit menuju nagari pariwisata masih terkendala infrastruktur jalan yang memadai dan mendukung program tersebut..
  • Senin, 16 Januari 2017 - 11:05:44 WIB

    Nagari Piobang Tertinggal Dalam Komunikasi

    Nagari Piobang Tertinggal Dalam Komunikasi PIOBANG, HALUAN- Peralatan komunikasi yang canggih saat ini tidak ada artinya bagi masyarakat nagari Piobang, Kecamatan Payakumbuh, Kabupaten Limapuluh Kota. Pasalnya di nagari tersebut tidak ada sinyal telefon seluler atau h.

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM