Nelayan Yang Hanyut di Pulau Pisang Belum Ditemukan


Rabu, 03 Mei 2017 - 01:45:09 WIB
Nelayan Yang Hanyut di Pulau Pisang Belum Ditemukan

PADANG, HALUAN - Sudah tiga hari Afrizal (48), warga kawasan Berok Nipah, Kecamatan Padang Barat dinyatakan hilang saat akan pulang usai memancing di kawasan Pulau Pisang Gadang, Kecamatan Padang Selatan.

Petugas gabungan yang terdiri dari Badan Search and Rescue Nasional (Basarnas) Kota Padang, Padang Baywatch, dan Dit Polairud Polda Sumbar masih melakukan penyisiran ke tengah laut yang menjadi lokasi hilangnya pria paruh baya tersebut.

Tim pencarian yang dipimpin oleh oleh salah satu rescuer SAR Padang, Zulkirwan (30), kepada Haluan, Selasa (2/5), siang mengatakan bahwa pencarian korban tetap berfokus ke arah selatan atau ke kawasan Pulau Pisang, Kecamatan Padang Selatan.

Namun pihaknya masih belum menemukan tanda-tanda akan ditemukannya Afrizal. "Informasi yang kami terima, dia mengenakan baju berwarna abu-abu. Namun, itu baru informasi sementara dan belum bisa kami pastikan kebenarannya, karena sepanjang pencarian, kami tidak menemukan benda yang dipakai oleh dia sewaktu pergi melaut," ungkap Zul.

Jika di hari sebelumnya, tim yang dipimpin oleh Zulkirwan melakukan pencarian dengan membagi menjadi dua kelompok dengan menggunakan dua perahu jenis Landing Craft Rubber (LCR) milik Kantor SAR Padang, di hari ketiga kemarin tim hanya berjalan satu kelompok dengan interval waktu pagi dan sore.

"Kita mulai berjalan dari pukul 07.00 WIB hingga berakhir pada pukul 18.00 WIB. Kita prediksi batas waktu pencarian akan berakhir pada hari Sabtu (5/5), mendatang, tapi itu semua tergantung dari perkembangan di lapangan," ujarnya.

Tidak hanya petugas dari SAR dan Polda Sumbar yang turun untuk mencari keberadaan Afrizal yang diduga terjatuh dari perahu yang dikendarainya, Majelis Pimpinan Cabang (MPC) Pemuda Pancasila (PP) Kota Padang juga menerjunkan personilnya untuk membantu petugas untuk melakukan pencarian.

Hal tersebut dibenarkan oleh Ketua MPC PP Kota Padang, Roy Madea Oka. Pihaknya mengklaim mengerahkan sebanyak 20 orang untuk membantu petugas gabungan untuk ikut dalam pencarian nelayan yang hanyut sejak Minggu (30/4), siang lalu.

"Informasi yang kami terima, nelayan tersebut belum juga ditemukan, kami tergerak untuk ikut terjun dalam aksi kemanusiaan ini bersama tim dari Basarnas Padang, Padang Baywatch dan Dit Polairud Polda Sumbar," katanya.

Roy meminta kepada pihak keluarga untuk memberikan waktu dan kepercayaan kepada relawan untuk melakukan pencarian terhadap Afrizal. "Kami berharap pihak keluarga bisa bersabar dan menunggu sembari tim melakukan pencarian. Kami akan berusaha semaksimal mungkin sesuai dengan kemampuan yang kami miliki bersama-sama," tuturnya.

Sebelumnya diberitakan, diduga akibat mengantuk, seorang nelayan dinyatakan hilang usai pulang pergi memancing dan akan kembali ke daratan pada Minggu (30/4) siang sekitar pukul 13.00 WIB di kawasan Pulau Pisang Gadang, Kecamatan Padang Selatan.  (h/mg-adl)

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]