Puskesmas Ramah Anak Pantas Diterapkan


Kamis, 04 Mei 2017 - 01:17:56 WIB

PADANG, HALUAN — Puskesmas memiliki peran penting dalam pemenuhan hak anak untuk mendapatkan kesehatan. Karena itu, penyelenggaraan Puskesmas yang memberikan pelayanan ramah pada anak, harus dilaksanakan secara pro aktif.

“Puskesmas Layanan Ramah Anak itu lebih mengedepankan pelayanan yang ramah pada anak, baik pada anak yang sedang berobat maupun anak sehat yang sedang berkunjung ke Puskesmas,” kata Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Sumbar, Ratnawilis pada Haluan kemarin.

Indikator Puskesmas ramah anak itu lanjutnya, diantaranya adalah tersedianya layanan kesehatan ibu dan anak, tersedianya tempat khusus untuk pemeriksaan anak, ad ataman gizi, ruang laktasi, pojok oralit. Selain itu, Puskesmas juga harus memiliki tempat bermain, tersedia dokter anak, konseling untuk anak dan ruang tumbuh kembang anak.

“Puskesmas ramah anak juga mesti menyediakan tempat pelayanan korban kekerasan terhadap anak, menyediakan sanitasi lingkungan Puskesmas yang sesuai standar, serta merupakan kawasan tanpa asap rokok,” jelas Ratnawilis.

Dalam kegiatan Workshop dan Advokasi Kesejahteraan Ibu dan Anak yang digelar 27-28 April lalu, lanjutnya, pihaknya sudah menyampaikannya kepada 60 peserta yang hadir dari seluruh kabupaten/kota di Sumbar, agar menerapkan pelayanan Puskesmas Ramah Anak.

“Kita sudah sampaikan kepada seluruh Dinas PP dan PA, Bappeda, Dinas Kesehatan kabupaten/kota untuk menerapkan pelayanan Puskesmas Ranah Anak ini sesuai UU N0.23 tahun 2002 yang diubah dengan UU No.35 tahun 2014 tentang Perlindungan Anak, juga diatur dalam Perda Sumbar No.5 Tahun 2013 tentang Penyelenggaraan Perlindungan Anak,” katanya.

Dari pendataan yang dilakukan, beberapa Puskesmas di kabupaten/kota sudah menerapkan. Seperti di Kota Padang, dari 23 Puskesmas yang ada, 4 Puskesmas sudah menerapkan pelayanan ramah anak, seperti di Puskesmas Padang Pasir, Puskesmas Seberang Padang, Puskesmas Lubuk Buaya dan Puskesmas Anak Aia yang dipandu 5 tenaga Puskesmas yang sudah dilatih. (h/vie)



Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com
BERITA TERKAIT

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]




TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Kamis, 27 Desember 2018 - 11:19:55 WIB

    Tahun Baru, Puskesmas Diminta Tetap Melayani 

    Tahun Baru, Puskesmas Diminta Tetap Melayani  PADANG, HARIANHALUAN.COM -- DPRD Kota Padang meminta kantor pelayanan kesehatan, seperti puskesmas dan unit lainnya tetap buka pada saat Tahun Baru 2019. Hal tersebut diutarakan Anggota Komisi III DPRD Kota Padang, Arpendi..
  • Rabu, 20 Desember 2017 - 10:44:37 WIB

    Separuh Puskesmas di Padang Sudah Tak Layak

    Separuh Puskesmas di Padang Sudah Tak Layak PADANG, HARIANHALUAN.COM-----Kalangan anggota DPRD Kota Padang  harapkan, pelayanan prima dan ketersediaan alat dan obat yang memadai, gedung perabot di puskesmas dan puskesmas pembantu (pustu) saat ini, harus jadi prioritas.
  • Rabu, 15 Maret 2017 - 09:45:26 WIB

    Kini, Obat TB Gratis di 64 Puskesmas

    Kini, Obat TB Gratis di 64 Puskesmas PADANG, HALUAN--Setiap tahunnya hampir seribuan masyarakat Kota Padang mengidap penyakit Tuberkulosis atau TBC. Untuk jumlah kasus TB di Kota Padang yang saat ini positif adalah sebanyak 841 orang dari terduga mengidap TB se.
  • Kamis, 02 Maret 2017 - 11:08:26 WIB

    Cuma Punya 22, Padang Idealnya Punya 33 Puskesmas

    Cuma Punya 22, Padang Idealnya Punya 33 Puskesmas PADANG, HALUAN—Jumlah puskesmas di Kota Padang dirasakan tidak mencukupi lagi dengan penduduk yang hampir mencapai satu juta orang. Saat ini jumlah puskesmas hanya sebanyak 22, padahal idealnya Kota Padang harus memiliki 3.
  • Sabtu, 25 Februari 2017 - 11:40:52 WIB

    DKK Tambah 10 Dokter Puskesmas

    DKK Tambah 10 Dokter Puskesmas PADANG, HALUAN—Dinas Kesehatan Kota atau DKK Padang telah mengirim 10 orang dokter umum untuk membantu proses pelayanan kesehatan di 10 puskesmas..
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM