TRANSMART DIKHAWATIRKAN LAHIRKAN KEMACETAN

Dishub: Setelah Beroperasi, Baru akan Dicarikan Solusi


Kamis, 04 Mei 2017 - 01:47:32 WIB

PADANG, HALUAN Beroperasinya Transmart di Jalan Khatib Sulaiman  dikhawatirkan akan menimbulkan kemacetan parah di sekitar lokasi tersebut, karena berada di pinggir jalan dengan ruasnya sempit dan lalu lintas yang selalu padat setiap hari. Kondisi ini memaksa Pemerintah Kota Padang untuk segera mencarikan solusinya.

Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Padang, Maidestal Hari Mahesa, mengatakan, ia berharap ketika melewati Jalan Khatib Sulaiman saat Transmart sudah beroperasi tidak mengalami kemacetan. Mulai dari Jalan Padang Baru, sepanjang Jalan Khatib Sulaiman sampai dengan perempatan  ke simpang Kantor DPRD Provinsi  Sumbar tidak macet padat merayap hingga ke Jalan Air Tawar Dr Hamka.

Pemerintah Kota Padang katanya, dari sekarang sudah harus mencarikan solusi sebelum semua itu terjadi. Karena saat ini saja tanpa ada Transmart, keadaan lalu lintas di lokasi tersebut sudah macet. Sebab banyaknya perkantoran di jalanan tersebut.

Solusi yang dapat dicarikan bisa saja sepanjang Jalan Khatib Sulaiman diperlebar lagi. Atau ruas jalan alternatif seperti Jalan S. Parman dan Jalan Gajah Mada Gunung Panggilun di rapikan dengan diperlebar jalannya. “Selain itu juga bisa segera menyelesaikan jalan sepanjang Pantai Padang yang terhenti pengerjaannya di Hotel Pangeran sebagai jalur alternatif,” katanya.

Hal ini harus segera dicarikan jalan keluarnya. Jangan sampai saling salah menyalahkan. Sebab ruas jalan tidak kunjung bertambah sedangkan kendaraan semakin banyak. Maidestal meminta kepada Pemerintah Kota Padang untuk tidak lagi memberikan izin mall atau supermarket di pusat kota.

 “Lebih baik diarahkan ke daerah yang kurang padat lalu lintasnya, sehingga penduduk sekitar pun bisa berkembang. Dan terjadi pula pemerataan pembangunan,” katanya.

Lanjutnya, lebih baik pembangunan di arahkan ke sepanjang jalan Bypass arah ke batas kota. Sehingga warga di sana pun dapat menggerakan perekonomian dengan banyak berdirinya mall maupun supermarket. “Apalagi daerah tersebut akses jalannya sudah bagus dan cukup lebar,” ujarnya.

Menanggapi hal ini, Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Padang, Hendrizal Azhar, menyebutkan, rekayasa lalu lintas tidak bisa dilakukan saat ini. Rekayasa baru bisa dilakukan saat Transmart sudah mulai beroperasi dan kondisi melihat kondisi di lapangan.

“Tentunya kita tidak bisa berandai-andai jalanan tersebut akan macet parah akibat adanya Transmart. Kita lihat dulu kondisinya apakah Transmart memang menyebabkan kemacetan,” katanya saat dijumpai Haluan kemarin.

Lebih lanjut dikatakan Hendrizal, untuk Amdal lalu lintas (lalin) sudah sesuai dengan prosedur. Parkir kendaraan nantinya berada di dalam Transmart. Namun, nantinya ketika terjadi kemacetan, pihak Dishub akan segera melalukan pengecekan ulang. Apa masalah yang menyebabkan kemacetan. Tetapi untuk saat ini semua hal tersebut belum bisa diperkirakan.

Hendrizal menyebutkan, untuk tahap sekarang Transmart memadai untuk berdiri di kawasan tersebut. Transportasi yang melewati sekitaran jalan tersebut masih aman. “Kalau terjadi masalah lalu lintas di daerah tersebut, maka akan segera kita evaluasi dan segera carikan solusinya. Namun, untuk saat ini belum bisa dilakukan rekayasa lalu lintas. Tetapi Dishub selalu memantau lalulintas di daerah tersebut,” katanya. (h/mg-mel)

loading...

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]