TP-PKK Tanah Datar Motivasi Minat Baca Murid SD


Jumat, 05 Mei 2017 - 01:29:37 WIB
TP-PKK Tanah Datar Motivasi Minat Baca Murid SD Ketua TP-PKK Kabupaten Tanah Datar, Ny Emi Irdinansyah Tarmizi memberikan buku bacaan kepada anak-anak SD di Kampung Baru, Kamis, (5/4). IST

TANAH DATAR, HALUAN - Guna meningkatkan minat baca bagi murid Sekolah Dasar (SD), Ketua TP-PKK Tanah Datar, Ny Emi Irdinansyah didampingi Kadis Pustaka dan Arsip Marwan dan Kabag Humas, Syahril melaksanakan sosialisasi dan motivasi minat baca kepada siswa di SD Komplek dengan membawa kendaraan pustaka keliling di halaman SD di Kampung Baru, Kamis (4/5).

Ny Emi Irdinansyah dalam kesempatan itu menyampaikan apresiasi terhadap program yang dilaksanakan ini. "Kegiatan ini sangat bagus sekali, diharapkan melalui kegiatan ini minat baca siswa SD bisa ditingkatkan," ujarnya.

Emi menambahkan, generasi muda yang mampu bersaing harus memiliki kualitas SDM bagus, diawali dengan pandai dan mau membaca. "Untuk menumbuhkembangkan minat baca, kita perlu memperbaharui buku bacaan yang tersedia di pustaka, sehingga siswa tidak bosan ketika ingin membaca karena mempunyai variasi pilihan bahan bacaan," harap Emi Irdinansyah.

Dikesempatan itu, Ketua TP-PKK juga mengimbau kepada majelis guru dan pihak sekolah agar mampu memanfaatkan program yang dilaksanakan Dinas Pustaka dan Arsip. "Manfaat kegiatab ini dengan sebaiknya, jalin komunikasi dengan dinas Pustaka dan Arsip, ketika Bapak dan Ibu guru butuh referensi buku baik bagi murid ataupun untuk guru silahkan hubungi dinas tersebut," pesan Emi.

Sejalan dengan Ketua TP-PKK, Kadis Pustaka dan Arsip Marwan menyampaikan kegiatan sosialisasi melalui pustaka keliling ini memang untuk motivasi minat baca murid SD. "Kita telah melaksanakan pustaka keliling ini dibeberapa sekolah secara rutin, dengan harapan dan tujuan agar minat belajar membaca anak-anak kita semakin bagus," ujarnya.

Dinas Pustaka dan Arsip kata Marwan, secara bertahap terus meningkatkan layanan dan kelengkapan variasi buku, terutama di perpustakaan Tanah Datar guna mendukung peningkatan minat baca terutama untuk siswa SD.

"Insya allah tahun ini akan dilengkapi ketersediaan buku, kami juga mempunyai program buku masuk rumah, dimana kita akan mengunjungi rumah masyarakat untuk dipinjamkan pakaikan buku," kata Marwan.

Kepsek SD 06 Kampung Baru Mushardi bersama Kepsek SD 11 Kampung Baru Alfianis menyampaikan terima kasih telah melaksanakan kegiatan ini. "Kita dukung kegiatan ini, karena memang membantu sekali untuk peningkatan minat baca siswa kami dan tentu saja kami harap kelengkapan koleksi buku diperbanyak, sehingga siswa mempunyai pilihan buku yang akan dibacanya," ujar Alfianis. (h/mg-rul)

loading...

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]