Sekolah Banyak Titik Rawan Pungli


Jumat, 05 Mei 2017 - 01:54:31 WIB

PAYAKUMBUH, HALUAN- Pemberantasan pungutan liar semakin gencar dilaksanakan pasca dilantiknya tim sapu bersih pungutan liar (Saber Pungli) Januari silam oleh Walikota Payakumbuh Riza Falepi. Salah satu upaya dari Tim Saber Pungli bersama Dinas Pendidikan melaksanakan kegiatan sosialisasi Saber Pungli kepada kepala-kepala sekolah se-kota Payakumbuh di Aula Balaikota, Kamis (4/5).

Kegiatan yang dibuka oleh Walikota Payakumbuh diwakili Asisten I Bidang Pemerintahan dan Kesra, Yoherman, ini diikuti oleh 130 kepala sekolah se kota Payakumbuh pada tingkat TK, SD, SMP, SMA dan SMK baik negeri maupun swasta. 

Hadir dalam kegiatan tersebut Kejari diwakili Hadi Saputra, selaku Jaksa Fungsional Bidang Inteligen, Wakapolres Payakumbuh, Kompol Eddisra, Kepala Dinas Pendidikan diwakili Kabid Pendidikan Dasar, Irwandi Darmawan, dan undangan lainnya. Pemateri utama dalam kegiatan ini Wakapolres Kompol Eddisra yang juga sebagai Ketua Tim Saber Pungli. Pemateri dari Inspektorat Yuniri Yunirman dan dari Kejaksaan Negeri Oktriadi Kurniawan.

Yoherman dalam kesempatan itu menyampaikan, sekolah memiliki banyak titik rawan pungutan liar, sehingga kehati-hatian mesti ditingkatkan. Pungutan liar itu misalnya, penerimaan siswa baru. “Jika tidak sesuai dengan prosedur, biaya-biaya yang diterima bisa menjadi pungli, untuk itu kehati-hatian kita mesti ditingkatkan,” ujar Yoherman.

Ditambahkannya, setiap pejabat publik pun tidak dibenarkan menerima apapun yang sekaitan dengan kegiatan dinas dari pihak manapun.“Pejabat tidak boleh menerima pemberian apapun karena itu termasuk gratifikasi. Mari kita kuatkan mental sehingga menjadi pemerintahan yang baik dan bersih, demi kemajuan negara,” pesan Yoherman. (h/zkf)





Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]




TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Selasa, 26 November 2019 - 21:55:39 WIB

    Pemkab Sijunjung Perkuat Layanan UPZ di Sekolah

    Pemkab Sijunjung Perkuat Layanan UPZ di Sekolah SIJUNJUNG, HARIANHALUAN.COM Bagian Kesejahteraan Rakyat (Kesra) Setdakab Sijunjung terus memperkuat layanan  Unit Pengumpul Zakat (UPZ) di jajaran Dinas Pendidikan, khususnya UPZ sekolah dasar (SD),  SLTP dan koordinator wi.
  • Selasa, 09 Juli 2019 - 13:26:28 WIB

    Peduli Pendidikan, Bupati Sutan Riska Serahkan Kendaraan Dinas untuk Kepala Sekolah Daerah Pinggiran

    Peduli Pendidikan, Bupati Sutan Riska Serahkan Kendaraan Dinas untuk Kepala Sekolah Daerah Pinggiran DHARMASRAYA, HARIANHALUAN.COM-Pendidikan menjadi perhatian serius pemerintahan Bupati Sutan Riska Tuanku Kerajaan dan Wakil Bupati H. Amrizal Dt Rajo Medan. .
  • Rabu, 26 Juni 2019 - 21:50:56 WIB

    Kota Padang Miliki Sekolah Siaga Kependudukan 

    Kota Padang Miliki Sekolah Siaga Kependudukan  PADANG,HARIANHALUAN.COM--Mengukur kemajuan suatu negara atau daerah bukan dilihat dari Sumber Daya Alam (SDA), namun dilihat dari kualitas Sumber Daya Manusia (SDM), karena itulah .Kota Padang kini memiliki Sekolah Siaga Kepe.
  • Kamis, 22 November 2018 - 12:07:30 WIB

    BNPB Gelar Sekolah Gunung di Limapuluh Kota

    BNPB Gelar Sekolah Gunung di Limapuluh Kota LIMAPULUH KOTA, HARIANHALUAN.COM- Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) menggelar ‘Sekolah Gunung’. Kegiatan tersebut, berlangsung di Mess Pemkab, Nagari Tarantang, Kecamatan Harau, Kabupaten Limapuluh Kota. Kegiat.
  • Kamis, 19 April 2018 - 11:10:37 WIB

    30 Petani Kopi Arabika di Kajai Disekolahkan

    30 Petani Kopi Arabika di Kajai Disekolahkan PASBAR, HARIANHALUAN.COM—Sebanyak 30 orang petani kopi arabika Nagari Kajai mengikuti Sekolah Lapang Pengendalian Hama Terpadu (SLPHT) selama 7 minggu di Jorong Timbu Abu, Nagari Kajai, Kecamatan Talamau, Pasaman Barat (Pas.
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM