Masyarakat Kota Solok Sepakat Perangi Hoax


Jumat, 05 Mei 2017 - 09:25:16 WIB

SOLOK,HALUAN--Maraknya berita hoax akhir akhir ini ternyata mengancam persatuan dan kesatuan. Sebelum berita hoax  terlalu jauh  memutuskan hubungan persaudaraan dan kekerabatan, masyarakat Kota Solok mendeklarasikan masyarakat anti hoax di Gedung Kubuang 13, Kota Solok, Kamis (4/5).

Dalam deklarasi itu, seluruh unsur masyarakat sepakat untuk memperkuat persatuan dan kesatuan dengan menggunakan internet secara sehat dan  mencegah penyebaran hoax. Untuk itu perlu memastikan sebuah informasi dari sumber yang benar, cermat membaca korelasi foto dan caption yang provokatif, jeli dalam membaca berita dan abaikan jika informasi belum diketahui kebenarannya.

Pada kesempatan itu, Kepala Dinas Komimfo Sumbar Yeflin Luandri mengatakan, dengan kemudahan akses informasi dikarenakan kemajuan teknologi diharapkan dapat mempermudah masyarakat sehingga berefek positif.

“Masyarakat tidak lagi perlu mencari informasi, informasi telah ada di gengaman tangan,"masyarakat harus lebih selektif memilih dan memilah informasi yang beredar, jangan cepat percaya dengan informasi yang beredar. Namun harus ditelaah terlebih dahulu, dengan sumber yang jelas serta pihak yang bertanggung jawab atas informasi tersebut,” katanya di Gedung Kubuang 13.

Pelaku penyebar hoax,kata Yeflin, dapat terancam Pasal 28 Ayat 1 Undang-Undang ITE. Disebutkan setiap orang yang dengan sengaja atau tanpa hak menyebarkan berita bohong dan menyesatkan, ancamannya bisa terkena pidana maksimal enam tahun dan denda maksimal Rp1 Miliar.

 

"Berhati-hatilah menerima informasi serta menyebarkan informasi terutama dimedia sosial, karena sudah banyak kasus yang menjerat pengguna media sosial yang berujung pada ranah hukum," ujarnya.

 

Sementara itu Wakil Walikota Solok Reiner, menyebutkan informasi adalah suatu kebutuhan dasar dan penting bagi manusia di era digital saat ini. Sepanjang informasi itu betul dan dapat dipertanggungjawabkan tentu akan bermanfaat.

 

"Kalau tidak ada media informasi, masyarakat juga tidak akan tahu dengan program-program pembangunan pemerintah, begitupun sebaliknya, pemerintah juga tidak akan tahu keluhan dan persoalan yang ada ditengah masyarakat,"ujar Reinier.(h/eri)





Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]




TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM