Iye, Pria Tua Penambal Ban dan Pembuat Miniatur Mobil


Sabtu, 06 Mei 2017 - 23:52:48 WIB
Iye, Pria Tua Penambal Ban dan Pembuat Miniatur Mobil Iye memperlihatkan miniatur mobil jenis jeep di bengkelnya di Jorong Pisau Hilang, Nagari Lolo, Kecamatan Ranah Pantai Cermin, Kabupaten Solok. JEFLI

 

Laporan: Jefli

 

Faktor usia mengharuskan pria tua bernama Iye (64) beralih profesi dari sopir truk menjadi tukang tambal ban. Tapi semangatnya dalam meningkatkan ekonomi keluarganya patut diacungi jempol. Raut wajahnya keriput menandakan Iye tak muda lagi. Pipinya cekung dengan kumis tebal diatas bibir masih berwarna hitam, kecuali rambut sedikit kusam berwarna putih.

 

Sore itu, Kamis (4/5) Iye sedang asik memotong kayu ukuran kecil-kecil bengkelnya yang berada di Jorong Pisau Hilang, Nagari Lolo, Kecamatan Pantai Cermin, Kabupaten Solok. Jari-jarinya yang mulai keriput mulai menari membuat pola. Ia tetap fokus sambil mengdengar alat pompa angin (kompresor) yang sedang menyala.

 

Iye yang bekerja sebagai penambal ban itu, bukan sedang membuat pola tambal ban, melainkan pola untuk miniatur mobil jenis jeep. Miniatur tersebut dijual di bengkelnya untuk menambah penghasilannya selain sebagai tukang tambal ban.

 

Iya dahulunya adalah sopir, tapi memutuskan pensiun dari profesi sebagai sopir truk pada 2012 dikarenakan sudah tidak sanggup lagi mengendarai kendaraan dalam jarak yang jauh.

 

"Saya sejak remaja berprofesi sebagai sopir semenjak 1977 sampai 2012. Lima tahun belakangan saya beralih jadi tukang tambal ban dan menyalurkan bakat seni dengan menciptakan aneka miniatur dari kayu,"katanya.

 

Sehingga, dalam mengisi waktu luang apabila tidak ada menambal ban kendaraan. Ia mengisi waktu luang dengan membuat kerajinan tangan berupa miniatur mobil, tank baja, rumah adat dan miniatur bangunan gedung.

 

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]