Dharmasraya Bakal Jadi Sentral Penghasil Madu Hutan


Selasa, 09 Mei 2017 - 15:03:08 WIB
Dharmasraya Bakal Jadi Sentral Penghasil Madu Hutan Ilustrasi. NET

DHARMASRAYA, HARIANHALUAN.COM - Pemerintah Kabupaten Dharmasraya, berencana mengembangkan daerahnya menjadi sentra penghasil madu hutan dengan memanfaatkan kawasan hutan.

 

"Pengembangan daerah sebagai sentra penghasil madu hutan ini telah mendapat dukungan dari pemerintah pusat, apalagi sebagian besar wilayah Dharmasraya juga selama ini memiliki hutan madu," kata Bupati Dharmasraya, Sutan Riska beberapa waktu lalu.

 

Ia mengatakan tiga kecamatan di Dharmasraya memiliki potensi untuk dikembangkan menjadi penghasil madu, di antaranya Kecamatan Sungai Rumbai, Kecamatan Sembilan Koto, dan Kecamatan Pulau Punjung.

 

Hasil kunjungan lapangan tim Kementerian Perindustrian pada Jumat (5/5) menilai Kabupaten Dharmasraya memenuhi kriteria untuk pengembangan industri madu lebah, sehingga peluang ini sangat baik untuk meningkatkan ekonomoi masyarakat.

 

"Hal itu dilihat dari segi hasil produksi madunya, petaninya, hingga ketersediaan lahan untuk pendirian pabrik nantinya,” ujarnya.

 

Pemerintah daerah juga mendukung penuh rencana program pengembangan industri madu lebah di Kabupaten Dharmasraya, melihat potensi yang dimiliki cukup besar untuk itu.

 

Kepala Dinas Koperasi, UKM dan Perdagangan Dharmasraya, Zubrizal menambahkan kunjungan tim dari Direktorat Jenderal Industri Agro, Kementerian Perindustrian ke Dharmasraya merupakan tindaklanjut proposal yang diajukan tentang pengembangan industri madu.

 

!<--pagebreak-->"Respon pemerintah pusat cukup positif, tidak lama setelah proposal kita ajukan tim turun langsung meninjau titik-titik lokasi produksi madu lebah. Alhamdulillah ada tanggapan," katanya.

 

Pemerintah pusat menargetkan paling lambat pada 2019 akan mengupayakan pengalokasian bantuan mesin peralatan pengolah madu untuk para petani, kata dia.

 

Zubrizal juga mengatakan dimana Kemendustrian RI rencana akan merealisasikan permintaan Bupati Dharmasraya. Tentang pengelolaan madu lebah liar di Kabupaten Dharmasraya karena potensinya memenuhi persyaratan sesuai dengan indikator yang diinginkannya.

 

"Kami akan menunggu hasil selanjutnya dari pertemuan dengan pihak Kementerian berapa waktu lalu, apapun yang diinginkan pemerintah pusat mudah-mudahan Dharmasraya manyanggupi kepentingan masyarakat banyak," tambahnya. (h/mg/bdr)

 

 

Editor: Rivo Septi Andries

loading...
Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]