Cegah Longsor, Camat Malalak Tanam Bambu di Pinggir Tebing


Kamis, 11 Mei 2017 - 16:05:51 WIB
Cegah Longsor, Camat Malalak Tanam Bambu di Pinggir Tebing Sejumlah warga mencari bambu ke dalam hutan di Malalak untuk ditanam di lereng yang rawan longsor. IST

AGAM, HARIANHALUAN.COM--Pemerintah Kecamatan Malalak menerapkan solusi alami untuk mengatasi keruntuhan tebing pinggir jalan raya yang rawan longsor dengan menanam pohon bambu.
 

Untuk itu masyarakat turut serta menyumbangkan pohon bambu dan camat setempat Harmezi juga turut bersama warga mencari bibit bambu ke hutan dalam dua hari terakhir,
 

Solusi alami itu menurut Harmezi berdasarkan pengalaman warga bahwa bahwa bambu dan tebing saling menyangga.

 

"Sesuai dngan pepatah dalam kehidupan sehari-sehari, " bak aua jo tabiang sanda manyanda kaduonyo, tabiang indak runtuah aua indak tumbang," teragnya.
 

Begitu pun Kepala Dinas Lingkungan Hidup Agam Yulnasri menyatakan, upaya tersebut adalah hal yang perlu diterapkan di sejumlah lokasi lainnya dan ia akan turut melakukan penanaman bambu di kawasan Malalak.
 

Seperti diketahui, jalan raya Sicincin-Malalak merupakan jalan alternatif Bukittinggi-Padang yang baru dilakukan pelebaran dan peningkatan kualitas aspal.
 

Jalan ini ramai dilewati pengendara terutama pada saat lalu lintas ramai seperti pada musim lebaran Idul Fitri. Namun, masih banyak bagian tebing pinggir jalan di kecamatan Malalak rawan longsor, sehingga mengganggu arus lalu lintas.
 

"Hampir setiap musim hujan ada saja bagian tebing pinggir jalan di sini yang longsor, karena itu pemerintah bersama masyarakat berupaya mencari solusinya, salah satu yang kini dilakukan menanami tebing dengan pohon bambu, mudah-mudahan upaya ini paling tidak dapat mengurangi keruntuhan tebing"ujar camat Malalak(h/ks)

 

Editor: Rivo Septi Andries

loading...
Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]