Naskah Kuno di Desa Terindah di Dunia Rusak, Mahasiswa Unand Lakukan Konservasi


Kamis, 11 Mei 2017 - 18:03:04 WIB
Naskah Kuno di Desa Terindah di Dunia Rusak, Mahasiswa Unand Lakukan Konservasi KONSERVASI NASKAH TUA—Sejumlah mahasiswa Sastra Indonesia Unand membersihkan naskah kuno milik masyarakat di Surau Parak Laweh, Dusun Balai Saruang, Pariangan, Tanah Datar, pada 6 Mei. Mereka menggelar pelatihan konservasi naskah kuno milik masyarakat pada 6—7 Mei. IST
Konservasi naskah Pariangan, kata Leo, dilakukan dengan beberapa tahap, yaitu tahap penelusuran, pembersihan, penambalan, pembuatan tempat penyimpanan naskah), dan penyerahan naskah yang telah diperbaiki kepada pemilik naskah. Kegiatan ini membutuhkan berbagai peralatan khusus yang mahal dan sulit dijumpai di Indonesia.

 

Dalam mengonservasi naskah tersebut, Leo dan teman-temannya dibantu  Prof. Madya Dr. Ab. Razak Ab. Karim, ahli konservasi naskah dari Universiti Malaya, yang  membagi pengetahuan tentang cara melakukan konservasi naskah. Ia juga membantu beberapa bahan dan peralatan untuk melakukan konservasi naskah. (h/dib)

 

Editor: Rivo Septi Andries





Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]




TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Jumat, 01 April 2016 - 03:41:51 WIB

    Naskah UN SMA Tiba di Pasaman

    PASAMAN, HALUAN — Dinas Pendidikan Pasaman telah menerima 322 bundel naskah Ujian Nasional (UN) SMA sederajat, dari Provinsi Sumbar..
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM