Realisasi Retribusi DLH tak Capai Target


Jumat, 12 Mei 2017 - 01:31:01 WIB

PADANG, HALUAN -- Hingga bulan ke empat di tahun 2017 realisasi retribusi di Dinas lingkungan Hidup Kota Padang baru 16,13 persen. Capaian ini masih jauh dari target sekitar 20 persen yang ditargetkan DLH.

Hal ini disampaikan langsung oleh Kepala Dinas Lingkungan Hidup Al Amin pada Haluan, Kamis (11/5). "Masih ada kurang 4 persen lagi dari target yang seharusnya dicapai, " kata Al Amin di Kantor Dinasnya di Balai Baru.

Lebih lanjut dikatakan Al Amin, ada empat jenis retribusi yang dipungut oleh DLH, yakni retribusi jasa kebersihan, retribusi tempat pemakaman umum, retribusi dari penyedotan tinja, dan retribusi jasa labor. Total Pendapatan Asli Daerah (PAD) dari 16 persen tersebut baru mencapai Rp1,623 miliar.

Al Amin menyebutkan, dari ke empat jenis retribusi tersebut yang paling banyak menyumbangkan PAD hingga saat ini adalah dari retribusi jasa kebersihan yang mencapai Rp 1,043 miliar.

Al Amin menyebutkan tahun ini target retribusi yang harus dicapai oleh DLH adalah sekitar Rp9,3 miliar. Sedangkan tahun lalu Rp8 miliar. Realisasinya mencapai 106 persen atau Rp8,6 miliar hingga akhir tahun 2016.

"Target retribusi sampah yang diberikan oleh Pemerintah Kota Padang kepada DLH naik sekitar Rp1,3 miliar dibandingkan tahun lalu, " kata Al Amin.

Al Amin bertekad pihaknya optimis tahun ini dapat mencapai target retribusi yang telah ditentukan oleh Pemerintah Kota Padang. Ia mengatakan, melebihinya realisasi retribusi pada tahun lalu, karena para penangih yang gigih menjemput ke tempat yang wajib membayar. Seperti rumah tangga,  hotel, rumah sakit, supermaket, dan pabrik.

Bisa melebihi target, bukan berarti pihaknya tidak mengalami kendala. Menurut Al Amin kesadaran masyarakat untuk membayar tepat waktu masih rendah. Sehingga petugasnya harus sering bolak-balik ke tempat tersebut. "Saat ditagih banyak yang tidak berada ditempat," ujar Al Amin.

Selain itu, akan memaksimalkan kinerja para penangih agar semuanya dapat membayar kewajiban. Dirinya berharap, agar para wajib retribusi sampah dapat membayar kewajibannya tepat waktu. "Gunanya PAD ini kan juga untuk masyarakat Kota Padang," ucapnya. (h/mg-mel)

loading...

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Jumat, 21 Februari 2020 - 20:53:32 WIB

    Hingga Minggu ke-2 Februari, Realisasi PAD Bapenda Padang Tembus Rp50 Miliar

    Hingga Minggu ke-2 Februari, Realisasi PAD Bapenda Padang Tembus Rp50 Miliar PADANG, HARIANHALUAN.COM -- Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Kota Padang menetapkan target pajak daerah pada tahun 2020 Rp641 miliar. Pajak ini terdiri dari 11 item, yakni pajak restoran, hotel, hiburan, reklame, parkir, air.
  • Senin, 13 Januari 2020 - 21:49:42 WIB

    Tahun Ini, Pemko Padang Realisasikan Pembangunan Dermaga Sungai Pisang

    Tahun Ini, Pemko Padang Realisasikan Pembangunan Dermaga Sungai Pisang PADANG, HARIANHALUAN.COM -- Minat wisatawan untuk mengunjungi pulau-pulau di perairan Kota Padang terus meningkat. Hal itu dirasakan masyarakat dengan berkembangnya jasa penyewaan perahu dan tour guide..
  • Senin, 17 Juni 2019 - 22:27:11 WIB

    Sekdako Padang Ingatkan OPD Agar 50% Anggaran Terealisasi Semester I

    Sekdako Padang Ingatkan OPD Agar 50% Anggaran Terealisasi Semester I PADANG, HARIANHALUAN.COM – Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Padang, Amasrul menghimbau setiap Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di lingkup Setdako Padang untuk dapat memacu pelaksanaan kegiatan yang telah direncanakan, agar a.
  • Senin, 10 Juli 2017 - 16:12:03 WIB

    OPD Mesti Kebut Realisasi PAD

    PADANG, HALUAN -- Pencapaian Pendapatan Asli Daerah (PAD) Kota Padang tahun 2016 lalu hanya Rp391 Miliar, tidak sesuai yang ditargetkan yakni, Rp476 Miliar. .
  • Kamis, 29 Desember 2016 - 00:31:22 WIB
    DIPENDA SINYALIR IMBAS EKONOMI LESU

    Realisasi PAD Baru Rp254 Miliar

    PADANG, HALUAN — Persentase realisasi pajak Dinas Pendapatan Daerah (Dipenda) Padang pada 2016 belum mencapai target. Hal tersebut disinyalir terjadi karena lesunya perekonomian masyarakat tahun ini..

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]