Aksi Pencurian Mulai Marak di Pasaman


Senin, 15 Mei 2017 - 02:21:15 WIB
Aksi Pencurian Mulai Marak di Pasaman

PASAMAN, HALUAN - Warga Padanggelugur, Kabupaten Pasaman kini dibuat resah. Itu menyusul maraknya aksi pencurian yang menyasar sejumlah rumah warga Muarabangun, Jorong Selamat Utara, Nagari Sitombol akhir-akhir ini. 

Seperti peristiwa Rabu (10/5) lalu. Dimana lima unit rumah warga dikampung itu disatroni maling dipagi buta, sekitar pukul 03.00 Wib. Sejumlah barang berharga dari rumah para korban, seperti handycame, handphone dan beberapa uang tunai, berhasil dibawa kabur oleh pelaku. 

Baca Juga : Sekolah jadi Klaster Baru Penyebaran Covid-19 di Sumbar

Kepala Jorong Selamat Utara, Mirhan membenarkan peristiwa itu. Ia menyebutkan, sebanyak lima unit rumah di gang Sempurna, di Muarabangun itu digasak maling pada malam itu. 

"Sejumlah uang, barang elektronik dibawa kabur pelaku. Kejadiannya cepat. Kami menduga pelakunya lebih dari satu orang," kata Mirhan, Minggu (14/5).

Baca Juga : Kendalikan Banjir Sungai Batang Lembang Solok, Pemprov Butuh Bebaskan 2,5 Hektare Lahan

Peristiwa itu pun, kata dia, sudah dilaporkan para korban ke Mapolsek setempat. Namun, sejauh ini belum ada tanda-tanda kasus itu segera terungkap, meski olah TKP sudah dilakukan pihak kepolisian.

"Sudah. Korban sudah melapor ke polisi, yaitu atas nama pak Parada yang kehilangan camera digital. Polisi pun sudah tiba rumah korban untuk olah TKP," ujarnya. 

Baca Juga : Pemkab Padang Pariaman Raih Nilai SAKIP B

Akibat peristiwa itu, warga di daerah itu resah. Sebab, aksi pencurian tidak kali itu saja terjadi melanda perkampungan padat penduduk itu, namun sudah berulang kali dan lagi-lagi pelakunya tidak pernah terungkap.

"Kita disini jadi resah. Upaya sudah kita lakukan dengan menggelar ronda. Tapi peristiwa pencurian tetap saja terjadi. Ini kejadian yang terus berulang," tutur Andi, salah seorang tokoh pemuda setempat.

Baca Juga : Pasa Pabukoan Masjid Tablighiyah Garegeh, Bangkitkan Gairah Ekonomi Masyarakat

Salah seorang korban, Parada(43), mengaku bahwa maling masuk lewat jendela rumahnya dengan cara mencongkel. Satu set camera digital senilai Rp2,5 juta milik kantor Nagari Sitombol, tempat ia bekerja hilang. 

"Saat itu saya sedang berada dikolam ikan, jaga kolam. Dirumah cuma istri dan anak-anak. Dia (maling) masuk lewat jendela, dengan cara mencongkel," kata Parada, Sabtu.

Peristiwa yang menimpa dirinya itu, kata dia, sudah ia laporkan ke Mapolsek Panti, dihari itu juga. Polisi, kata dia, juga sudah mendatangi rumahnya untuk melakukan olah TKP.

"Belum ada kabar. Kita menunggu kinerja pihak kepolisian mengungkap kasus ini. Kami, warga disini berharap peristiwa ini dapat ungkap sehingga tidak menimbulkan keresahan bagi warga," tukasnya. 

Selanjutnya, aksi pencurian juga menyasar rumah milik Samaro (33), pencuri masuk kerumahnya dengan cara mencongkel pintu depan. Berikutnya rumah Zain (60), Firman (30) dan Sapar (40). 

"Disini, cuma handphone dan beberapa uang tunai saja yang hilang dicuri," kata Andi.

Warga berharap, pihak kepolisian setempat secepatnya mengungkap kasus tersebut, sehingga tercipta suasana nyaman dan keamanan pun kembali tertata di kampung itu. 

Terpisah, Kapolsek Panti AKP Dasman mengatakan bahwa kasus pencurian dikampung itu tengah ditangani pihaknya. Upaya penyelidikan guna mengungkap kasus itu tengah dilakukan Unit Reskrim Polsek setempat.

"Betul, penyelidikan sedang dilakukan. Pelapor cuma atas nama Parada. Kasus ini harus kita ungkap agar pelaku tidak semakin merajalela. Kami meminta warga bersabar, percayakan saja sama pihak kepolisian," tukas Dasman. 

Ia pun menghimbau, masyarakat kembali menggiatkan sistem keamanan berbasis lingkungan (Siskamling) dikampung-kampung. Upaya ini, kata dia, dianggap ampuh untuk mencegah aksi kejahatan dan tindak kriminalitas dimalam hari. 

"Kami mengajak, warga, mari kita galakkan lagi pos ronda, siskamling guna mencegah terjadinya aksi maling dan kejahatan lainnya dimalam hari," imbuhnya. (h/mg-yud)

 

 

Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]