Pemindahan Pedagang Inpres III Kembali Ditunda


Sabtu, 20 Mei 2017 - 16:03:04 WIB

PADANG, HALUAN -- Sebelumnya Pemerintah Kota (Pemko) Padang melalui Dinas Perdagangan memastikan pedagang akan menempati Pasar Inpres III pada minggu ketiga bulan Mei. Namun terpaksa kembali ditunda, sebab bangunan pasal tersebut belum bisa ditempati.

Hal ini disampaikan langsung oleh Kepala Dinas Perdagangan Kota Padang, Endrizal kepada Haluan, Jumat (19/5). “Para pedagang tidak jadi dipindahkan ke Pasar Inpres III pada minggu ke tiga ini,” ujarnya.

Endrizal menyebutkan, jika dipaksakan pedagang untuk masuk pada bulan Mei ini. Dikhawatirkan akan menimbulkan gesekan, sebab pindahnya pedagang tentunya membutuhkan persiapan dan waktu yang cukup banyak. Dan karena memasuki bulan puasa, pedagang pun meminta pemindahan dilakukan setelah Lebaran.

Dikatakan Endrizal, pihaknya kali ini memastikan pedagang akan masuk pada awal Juli. Tidak akan ada pengunduran lagi. Sebab, direncanakan pada 19 Juli Pemko Padang akan mengelar iven UMKM di Pasar Inpres II dan III.

“Kami pastikan pedagang benar-benar akan menempati bangunan Inpres III setelah seminggu Lebaran atau awal Juli,” ujar Endrizal.

Ia menyebutkan, pedagang nantinya akan menempati lantai dasar (basement), yakni lantai I dan lantai II. Kemungkinan akan ada sekitar 3.000 pedagang yang menempati Pasar Inpres III.

Lebih lanjut Endrizal mengatakan, serah terima akan dilakukan pada Juni. Gedung tidak bisa langsung ditempati setelah serah terima, karena harus dilakukan pengecekan kembali. Hal tersebut dilakukan agar pada saat ditempati tidak menimbulkan permasalahan.

“Setelah serah terima, selama dua minggu kita biarkan pihak dinas pekerjaan umum dan penataan ruang untuk melakukan pengecekan dan kelayakan terlebih dahulu. Tidak boleh langsung ditempati saja,” jelasnya.

Endrizal mengaku masih berjualan pedagang di badan jalan, seperti Jalan Simpang Kandang dan Jalan Sandang Pangan, akibat bangunan Inpres III yang belum selesai. Sehingga pedagang belum bisa ditata.

Sementara itu, Yani, pedagang yang akan menempati Pasar Inpres III merasa kecewa, karena target memasukan pedagang yang terlambat dari dijanjikan. Ia berharap untuk segera bisa pindah ke dalam, agar tidak berjualan lagi di badan jalan yang kumuh.

“Katanya bulan ini pedagang sudah bisa masuk, tetapi sampai sekarang belum tau kapan akan berjualan di dalam bangunan pasar,” katanya lagi.

Ia juga berharap pemindahan pedagang dilakukan secara menyeluruh. Semua pedagang harus dimasukkan ke dalam bangunan Pasar Inpres, sehingga tidak ada lagi yang berjualan di badan jalan. (h/mg-mel)

loading...

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Kamis, 20 Oktober 2016 - 03:25:11 WIB

    Pemindahan Aset Membebani Provinsi

    PADANG, HALUAN — Esti­masi anggaran peme­liharaan aset kabupaten yang berpindah ke provinsi dipastikan akan mem­pengaruhi postur PABD 2017. Untuk itu, perlu per­sia­pan dan antisipasi sejak se­karang..
  • Selasa, 27 September 2016 - 02:57:00 WIB

    Pemindahan P3D Mentawai dan Pasbar Terancam Batal

    PADANG, HALUAN — Serah­terima Personil Pendanaan, Prasarana dan Dokumen (P3D) pengalihan aset Kabupaten Kepulauan Mentawai dan Pa­saman Barat (Pasbar) ke Provinsi Sumbar terancam ditunda. Pa­salnya, neraca pencatatan ase.
  • Jumat, 29 April 2016 - 04:09:05 WIB
    Inpres III Dianggarkan Rp84 Miliar

    Pemindahan Pedagang Awal 2017

    PADANG, HALUAN— Se­kitar Rp84 miliar anggaran telah disiapkan dari APBD Padang guna pembangunan Inpres III yang terletak di Pasar Raya Padang. Komisi II DPRD Padang optimis pe­min­dahan bisa dituntaskan pada awal tahun .
  • Selasa, 12 April 2016 - 03:30:24 WIB
    Pasar Bandar Buat Selesai

    Segerakan Pemindahan Pedagang

    PADANG, HALUAN — Politisi DPRD Padang, Gustin Pramona mengimbau Pemko Padang melalui dinas terkait menyegerakan pemindahan pedagang di Pasar Bandar Buat ke tempat baru yang telah disediakan..
  • Selasa, 03 November 2015 - 20:33:09 WIB

    Pemindahan Pedagang ke LPC Masih Menggantung

    PADANG, HALUAN — La­pau Panjang Cimpago (L­PC) Kota Padang sudah selesai dibangun dan pe­dagang sudah bisa menem­pati. Namun, sengketa pe­nem­patan pedagang hingga sekarang belum tuntas, se­hingga.


Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]