Tim Saber Pungli Payakumbuh Beraksi, Penjual Tiket Ditangkap


Senin, 22 Mei 2017 - 20:20:15 WIB
Tim Saber Pungli Payakumbuh Beraksi, Penjual Tiket Ditangkap Ilustrasi. Haluan

Tim Saber Tangkap Pelaku Pungli, Sita Uang Tunai Rp 500Ribu

 

Baca Juga : Benarkah? Hasil Studi Sebut Anjing Pelacak Bisa Deteksi Covid-19 Seminggu Sebelum Hasil PCR

PAYAKUMBUH, HARIANHALUAN.COM—Tim saber pungli Kota Payakumbuh mulai menunjukkan taringnya dalam memberantas pelaku pungutan liar di Kota Batiah. Kali ini tim yang dibentuk pada 2016 lalu, berhasil menangkap pelaku pungli pada Senin (22/5) sekitar pukul 14.50 WIB.

 

Baca Juga : Inggris Temukan Lagi 16 Kasus Varian Baru COVID-19, Mengandung Mutasi E484K

“Satu pelaku pungli berhasil kami amankan dalam operasi saber pungli,”terang Kompol  Eddisra Ketua Tim Saber Pungli Kota Payakumbuh pada Senin (22/5) kemarin. Pelaku pungli yang ditangkap tersebut, yakni AF (38) petugas penjualan tiket pada pintu masuk di kawasan Ngalau Indah.

 

Baca Juga : Selandia Baru Diguncang Gempa Bumi 8,1 SR: Peringatan Tsunami Dibunyikan, Warga Diminta Pindah ke Tempat Lebih Tinggi

“Berawal dari laporan masyarakat terkait adanya praktek pungli di kawasan wisata Ngalau Indah. Dari sana, kami langsung bergerak,”tegas Kompol Eddisra.

 

Baca Juga : Miliuner Jepang Ini Cari 8 Orang Teman Traveling ke Bulan, Siapa Berminat?

Kronologis penangkapan berawal dari pelaku AF menjual tiket dikawasan wisata Ngalu Indah melebihi harga yang sudah ditetapkan Pemko Payakumbuh sesuai dengan Perda Payakumbuh nomor 20 tahun 2011 dan lembaran daerah Kota Payakumbuh nomor 30 tahun 2011.

 

Sesuai kedua peraturan tersebut, tiket ke kawasan Ngalau wisata seharusnya dijual Rp3500 malahan pelaku AF menjual tiket ke pengunjung sebesar Rp 7.500. “Padahal harga tiket sudah ditetapkan tetapi pelaku menjual diluar kewajaran,”tegas Kompol Eddrisa.

 

Terhadap penangkapan pelaku Af tersebut, tim saber pungli Kota Payakumbuh berhasil mengamankan uang tunai sebesar Rp 599ribu diduga hasil pungutan yang dilakukan pelaku. “Kasus ini kita kembangkan. Saat ini pelaku masih diintrogasi petugas,”ucapnya lagi.

 

Sementara Kepala Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga Kota Payakumbuh tidak berkomentar banyak. Malahan, orang nomor satu pada dinas tersebut terkejut ketika dihubungi sejumlah wartawan ketika ada petugas penjualan tiket objek wisata ditangkap tim Saber Pungli. (h/ddg)

 

Editor: Rivo Septi Andries

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]