210 Mustahiq Sawahlunto Terima Zakat


Selasa, 23 Mei 2017 - 07:27:46 WIB
210 Mustahiq Sawahlunto Terima Zakat

SAWAHLUNTO, HALUAN - Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kota Sawahlunto menyerahkan bantuan kepada Hendro Gusrianto, ayah dari Haikal bocah 4 tahun yang terlahir tanpa anus. Telah empat kali melakukan operasi namun belum sembuh total. Bantuan itu diserahkan oleh Kepala Kantor Kementrian Agama (Kemenag) Sawahlunto, H Marjanis didampingi Kepala BAZNas Sawahlunto, M Syarief.

"Kita bantu biaya transportasi dan akomodasi untuk bisa berobat lanjutan sebesar Rp1,5 juta, sedangkan biaya perobatan sudah melalui asuransi kesehatan yang berlaku," kata Ketua BAZNas Sawahlunto, M. Syarief saat menyerahkan bantuan, di Kantor Kemenag setempat, Kamis (18/5).

Baca Juga : Update! Lima Daerah Kuning, 14 Lainnya Ditetapkan Masuk Zona Oranye di Sumbar

Sedangkan untuk penyaluran zakat bulan Mei 2017 ini, Baz Kota Sawahlunto menyalurkannya kepada 210 mustahiq dari empat kecamatan yang ada. Dimana dana yang terbesar digunakan untuk bedah rumah sebanyak 11 unit dengan total bantuan sebesar Rp68 juta. Selanjutya jelas Syarief, bantuan pendidikan bagi 122 orang dengan total dana Rp60 juta lebih. Bantuan usaha untuk 43 orang totalnya, Rp55 juta lebih.

"Kita juga membantu mustahiq jompo sebanyak 25 orang dengan total bantuan Rp15 juta, dan bantuan berobat bagi 6 orang warga dengan jumlah bantuan Rp7 juta," ungkapnya.

Baca Juga : Jumlah Kesembuhan Pasien Covid-19 di Sumbar Bertambah 212 Orang

M Syarief menyebutkan, pihaknya tidak bosan bosannya mengingatkan kepada yang menerima agar menggunakan bantuan itu sesuai dengam permohonan yang masuk,  jangan digunakan untuk hal lain karena hal tersebut tidak sesuai dengan tuntunan dan tentunya menurut agama hal tersebut melanggar dan berdosa. Disebutkannya juga,bantuan yang telah disalurkan ini semestinya mampu menjadi salah satu upaya dalam membantu tugas pemerintah kota dalam menekan angka kemiskinan di kota ini. Jika bantuan ini dimanfaatkan sesuai peruntukkannya, sesuai dengan tujuannya bantuan ini diharapkan mampu meningkatkan ekonomi masyarakat yang menerimanya,  kecuali bagi warga yang tidak produktif seperti jompo.

" Kita berharap akan dapat meringankan beban masyarakat yang kurang mampu untuk memperbaiki kualitas hidup ekonomi keluarganya, dan kepada penerima juga diharapkan mampu mengelola bantuan itu sehingga kedepannya bisa pula menjadi orang yang mengeluarkan zakat atau muzzaki paling tidak bisa keluar dari daftar penerima zakat ," pungkasnya. (h/mg-rki)

Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]