Pengedar Ganja Asal Aceh Divonis di Padang


Selasa, 23 Mei 2017 - 07:38:28 WIB

PADANG, HALUAN—Majelis hakim Pengadilan Negeri Padang, Senin (22/5), memvonis pemuda Aceh,  Darul dan Muklizal, dengan hukuman 12 tahun penjara, denda Rp1 miliiar, dan subsider 3 bulan penjara. Sementara itu, rekannya, Syaiful Bahri, divonis 8 bulan kurungan penjara.

Ketua Majelis Hakim, Yoseana Roslinda, mengatakan, Darul dan Muklizal terbukti melanggar pasal 114 ayat 2 juncto pasal 123 ayat 1 UU No. 35 Tahun 1999 tentang Narkotika. Keduanya terbukti sebagai pemili 13 kg ganja siap edar.

Sementara itu, Syaiful Bahri yang merupakan teman Darul (berkas terpisah), divonis berbeda karena terbukti melanggar pasal 131 UU No. 35 tentang Narkotika. Ia divonis karena mengetahui adanya penyalahgunaan narkotika, tetapi tidak melaporkannya kepada polisi.

Sebelumnya, Jaksa Penuntut Umum (JPU) menuntut terdakwa Darul dan Muklizal hukuman pidana 17 tahun kurungan penjara. Kedua terdakwa juga dituntut membayar denda Rp1 miliar dan subsider 6 bulan kurungan penjara. Sementara itu, Syaiful Bahri dituntut setahun penjara.

Dalam dakwaan disebutkan terdakwa Darul dan Syahiful Bahri ditangkap polisi pada 24 Desember 2016 di Jalan By Pass Padang. Mereka ditangkap karena membawa ganja seberat 13 kg di dalam Bus Kurnia. Rencananya barang haram tersebut akan diserahkan oleh terdakwa Muklizal. Setelah itu, barang tersebut diserahkan kembali kepada seseorang yang akan mengedarkannya ke Padang. Jika berhasil melakukannya, para terdakwa akan diberi upah sesuai dengan yang dijanjikan. Namun, rencana para pelaku tersebut digagalkan polisi yang mendapatkan informasi akan ada transaksi barang haram tesebut. Akhirnya, polisi membengkuk pelaku dan menyita barang bukti. (h/mg-hen)

 

loading...

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Rabu, 26 Agustus 2020 - 15:37:31 WIB

    Nyambi Sebagai Pengedar, Supir Truk Ditangkap Usai Pesta Sabu

    Nyambi Sebagai Pengedar, Supir Truk Ditangkap Usai Pesta Sabu HARIANHALUAN.COM -- Enam orang ditangkap tim Opsnal Polsek Lubuk Kilangan usai melakukan pesta sabu disebuah Pondok Area PPI Kompleks PT Semen Padang, Kecamatan Lubuk Kilangan, Kota Padang, Selasa (25/8/2020) sekitar pukul 2.
  • Senin, 04 September 2017 - 02:28:08 WIB
    SERING MENGELABUI POLISI

    Petugas Ringkus Pengedar Sabu di Rumahnya

    PADANG, HALUAN – Pengedar dan pemakai narkoba jenis sabu dicokok tim Resnarkoba Polresta Padang di rumahnya di Jalan Purus III, Kelurahan Purus, Kecamatan Padang Barat, Padang, Sabtu (2/9) sekitar pukul 18.00 WIB..
  • Kamis, 03 Agustus 2017 - 01:56:06 WIB

    Polisi Ringkus Dua Pengedar Sabu

    Polisi Ringkus Dua Pengedar Sabu PADANG, HALUAN - Jajaran opsnal Sat Resnarkoba Polresta Padang menangkap dua orang pelaku penyalahgunaan narkoba pada Selasa (2/8) dini hari..
  • Senin, 07 November 2016 - 01:00:49 WIB
    PANTAU KEDATANGAN POLISI

    Pengedar Narkoba Pasang CCTV

    PADANG, HALUAN — Pe­nge­dar narkoba di Kota Padang sudah semakin canggih. Mereka memasang kamera pengintai CCTV di rumahnya untuk me­mantau siapapun yang datang kerumahnya, termasuk keda­tangan polisi yang sewaktu-waktu.
  • Sabtu, 07 Mei 2016 - 06:55:42 WIB

    Pengedar Diringkus Depan Rumah Makan

    Pengedar Diringkus Depan Rumah Makan PADANG, HALUAN-—Sudah lama menjadi target operasi sebagai pe­ngedar sabu-sabu, Zendrik (31) berhasil diringkus oleh Satres Narkoba Polresta Padang pada hari, Kamis (5/3) sekira pukul 01.00 WIB..

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]