MENJELANG RAMADAN

Pemko Jamin Ketersediaan Barang Kebutuhan Pokok


Selasa, 23 Mei 2017 - 07:41:13 WIB
Pemko Jamin Ketersediaan Barang Kebutuhan Pokok INSPEKSI MENDADAK—Kepala Dinas Pangan Padang, Heryanto Rustam, bersama organisasi perangkat daerah lain melakukan sidak ke Pasar Raya Padang, Senin (22/5). Pihaknya melakukan sidak di pasar untuk memeriksa stok kebutuhan pokok. MELATI OKTAWINA

PADANG, HALUAN—Pemko Padang menjamin ketersedian barang kebutuhan pokok menjelang Ramadan. Pemko menjamin tersebut karena tim terpadu selalu mengawasi penimbunan barang-barang kebutuhan pokok sehingga spekulan tak bisa lagi berbuat banyak.

 

Hal itu dikatakan Kepala Dinas Ketahanan Pangan Padang, Heryanto Rustam, saat melakukan inspeksi mendadak (sidak) di Pasar Raya Padang, Senin (22/5). Pihaknya melakukan sidak untuk mengawasi penimbunan bahan kebutuhan pokok. Pihaknya juga akan melakukan sidak tersebut di pasar-pasar lain di Padang.

Pihaknya akan terus melakukan sidang menjelang dan selama Ramadan untuk menjamin kestabilan harga dan ketersediaan stok barang. Sidak itu dilakukan juga untuk menjaga keamanan dan kebersihan barang-barang kebutuhan pokok yang dijual tersebut dari zat-zat aditif yang dilarang.

"Kita sudah melihat harga kebutuhan pokok stabil di Pasar Raya. Salah satu contoh saja, cabai dijual Rp20 ribu per kg. Harga tersebut malah turun daripada sebelumnya, Rp24 ribu per kg," ujarnya.

Kestabilan harga cabai juga sebagai dampak dari program Pemko Padang yang mencanangkan tanam cabai di polybag. Program ini juga sejalan dengan program Pemko untuk mewujudkan program Pasar Aman Nyaman dan Higienis (Amanah)

Sementara itu, Kepala Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) Padang, Zulkifli, menyebutkan, dari sejumlah tempat sidak, pihaknya mengambil sampel bahakn kebutuhan pokok, lalu mengujinya di laboratorium. Hasil uji laboratorium itu akan dilaporkan kondisinya kepada instansi terkait untuk ditindaklanjuti.

“Biasanya zat aditif yang ditemukan, seperti zat pewarna berupa boraks dan formalin,” tuturnya.

Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Padang, Zalbadri menjamin ketersedian ikan laut dan air tawar di pasar. Ia menjamin hal itu melalui pengawasan yang dilakukan DKP secara berkala.

Kepala Dinas Pertanian Kota Padang, Syaiful Bahri, juga menjamin ketersedian daging di Padang karena sudah ditambah dengan daging dari Lampung. Hal itu diperkuat oleh penambahan daging impor dari India yang harganya lebih murah.

“Daging impor itu modalnya Rp80 ribu per kg dan dijual pedagang ke konsumen maksimal 100 ribu/kg, sedangkan daging biasanya Rp120 ribu per kg. Namun, yang perlu diperhatikan daging impor tersebut adalah mekanisme pendistribusiannya,” ucapnya. (h/mg-mel)

loading...

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]