Di Danau Maninjau, Ada Pasukan Khusus yang Membersihkan Enceng Gondok


Kamis, 25 Mei 2017 - 17:56:19 WIB
Reporter : Tim Redaksi
Di Danau Maninjau, Ada Pasukan Khusus yang Membersihkan Enceng Gondok Sejumlah pasukan Satgas pembersih encek gondok di Kabupaten Agam, Kamis (25/5). DAYAT

AGAM, HARIANHALUAN.COM - Pemerintah Kabupaten Agam, Sumatera Barat membentuk satuan tugas (Satgas) berasal dari utusan nagari atau desa adat di Maninjau. Pembentukan satgas tersebut bagian dari upaya pembersihan danau secara berkelanjutan.Kamis (25/5).
 

Kepala Dinas Lingkungan Hidup Agam, Yulnasri di Lubuk Basung, Rabu, Yulnasri, mengatakan, satgas yang dibentuk fokus membersihkan Danau Maninjau dari tanaman enceng gondok. Setiap hari satgas tersebut mampu mengeluarkan enceng gondok dari dalam danau sebanyak dua kontainer atau sekitar 10 meter kubik.
 

"Anggota satgas berjumlah  11 orang berasal dari utusan nagari. Apabila enceng gondok ini tidak dibersihkan, maka tanaman air itu akan memenuhi danau tersebut karena enceng gondok mudah berkembang biak," kata Yulnasri.
 

Dikatakannya, dalam kegiatan ini pihaknya juga sudah melakukan sosialisasi dan ini merupakan bagian dari Save Maninjau. Eceng gondong akan memberikan dampak yang tidak bagus apabila dibiarka . Bisa saja tanaman ini memenuhi perairan danau.
 

Selain itu, setelahnya pemerintah juga akan Ke  membersihkan danau dari limbah pakan ikan akibat keramba jaring apung dan limbah rumah tangga dengan jumlah jutaan kubik. kondisi ini apabila tidak ada tindakan praktis akan semakin menyebabkan pencemaran danau.(h/yat)

 

Editor: Rivo Septi Andries



Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]




TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Selasa, 22 Januari 2019 - 13:20:20 WIB

    Kantor Baru DLH Bukittinggi Diresmikan

    Kantor Baru DLH Bukittinggi Diresmikan BUKITTINGGI, HARIANHALUAN.COM -- Dibangun dengan anggaran sebesar lebih kurang Rp 11 miliar, kantor baru Dinas Lingkungan Hidup Kota Bukittinggi diresmikan pemakaiannya oleh Wali Kota Bukittinggi, Senin (12/12)..
  • Senin, 21 Januari 2019 - 12:46:11 WIB

    63 Jorong di Agam Belum Terjangkau Internet

    63 Jorong di Agam Belum Terjangkau Internet AGAM, HARIANHALUAN.COM -- Sebanyak 63 dari 467 jorong (dusun) di Kabupaten Agam, merupakan daerah yang belum terjangkau jaringan internet karena belum memiliki tower provider telekomunikasi..
  • Jumat, 18 Januari 2019 - 19:13:32 WIB

    Narapidana di Lapas Kelas II B Pariaman Ikut Perekaman KTP el

    Narapidana di Lapas Kelas II B Pariaman Ikut Perekaman KTP el PADANG PARIAMAN, HARIANHALUAN.COM--Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Padang Pariaman terus melakukan fasilitasi agar hak pilih warga Kabupaten Padang Pariaman pada Pilpres dan Pileg 2019 dapat digunakan deng.
  • Jumat, 18 Januari 2019 - 10:02:28 WIB

    Usulan “Mengganti BIM” Dikritik

    Usulan “Mengganti BIM” Dikritik BIM itu milik Sumbar, bukan milik Padang Pariaman saja. Tak ada hak bupati untuk menggantinya. Jika bupati ingin menggunakan nama Syekh Burhanuddin, silakan buat lapangan terbang sendiri. Jika memang diizinkan oleh pusat memb.
  • Kamis, 17 Januari 2019 - 23:51:52 WIB

    Puluhan Mahasiswa Aksi Damai di Kantor Bupati Pessel

    Puluhan Mahasiswa Aksi Damai di Kantor Bupati Pessel PAINAN, HARIANHALUAN.COM - Puluhan mahasiswa yang tergabung dalam Aliansi Mahasiswa Peduli Pesisir Selatan (Pessel), melakukan aksi damai di depan kantor bupati setempat. Dalam orasi tersebut, sedikitnya ada lima item pertany.

BERITA TERPOPULER Index »

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM