Walikota Tegur Transmart Terkait Kesemerawutan Parkir


Ahad, 28 Mei 2017 - 14:24:47 WIB
Walikota Tegur Transmart Terkait Kesemerawutan Parkir

PADANG,HALUAN –Kondisi parkir liar di sekitar Transmart dikeluhkan oleh sejumlah pengguna jalan. Akibat parkir liar tersebut, jalanan semakin macet dan taman kota terutama rumputnya menjadi rusak akibat terinjak-injak.

Hal ini pun dikeluhkan oleh Hendra warga Parak Kopi, Kota Padang. Hendra mengatakan, seminggu sudah Transmart resmi memulai beroperasi di Padang. Selama  itu pulalah, Ia harus merasakan perubahan besar di Jalan Khatib Sulaiman.

Jika biasanya lalu lintas di jalan tersebut terbilang lancar, maka saat ini dari siang hingga malam hari selalu macet. “Pengunjung Transmart seolah adalah raja, hingga jalan raya persis di depan pusat perbelanjaan harus dibagi dua dan diberi pembatas. Ini sangat merampas hak kami sebagai pengguna jalan,”katanya, Minggu (28/5) kepada Haluan.

Lebih lanjut dikatakan Hendra, yang membuat miris adalah sampah yang bertebaran dimana-mana, rumput di taman yang biasanya tumbuh subur dan hijau, sekarang hampir mati, menguning dan gundul terinjak-injak. Selain itu, trotoar sepanjang ratusan meter berubah fungsi sebagai tempat parkir sehingga merampas hak pejalan kaki. “Cobalah lihat betapa banyak parkir liar, sehingga menambah kesemerawutan dan kemacetan,”katanya.

Ia berharap agar Walikota Padang  segera mengembalikan keindahan dan ketertiban kawasan Khatib Sulaiman Padang seperti sebelum berdirinya Transmart. Sementara itu, Kepala Dinas Lingkungan Hidup Al Amin saat ditemui Haluan mengaku, akibat parkir liar tersebut rumput-rumput di taman kota menjadi rusak akibat terinjak-injak. Al Amin menyebutkan, padahal pihaknya sudah melakukan kordinasi dengan Dishub dan Satpol PP untuk mengempeskan ban kendaraan yang parkir di trotoar dan taman kota.

“Kami tidak melarang masyarakat untuk datang ke Transmart. Namun tertib dan patuhilah aturan dengan tidak memarkirkan kendaraan anda di trotoar dan taman kota. Sehingga rumput di taman kota menjadi rusak,”kata Al Amin.

Lebih lanjut dikatakan Al Amin, pihaknya akan segera memperbaiki rumput taman kota yang sudah rusak. Ia berharap, agar masyarakat tidak lagi menginjak rumput dan merusak taman kota.

“Kami sudah susah payah untuk merawat keindahan taman kota apalagi yang terdapat di sekitaran Khatib Sulaiman. Untuk itu mari kita sama-sama untuk saling menjaga,”kata Al Amin.

Kesemerawutan parkir dan kemecaten yang ditimbulkan oleh Transmart pun ditanggapi oleh Walikota Padang. Mahyeldi, meninjau lokasi tersebut, Jumat sore (26/5), mengatakan, tempat parkir Transmart yang katanya mampu menampung 600 kendaraan disaat bersamaan, tidak dikelola secara profesional. Buktinya, parkir kendaraan pengunjung Transmart terlihat memadati badan jalan dan trotoar disekitar gerai ritel tersebut.

Dijelaskan Mahyeldi, pihak Transmart seperti melakukan kesengajaan dan membiarkan hal itu terjadi. Terlihat tidak adanya koordinasi dan komunikasi antara petugas disetiap lantai tempat parkir, dengan petugas di pintu masuk, dan di pintu keluar kendaraan. Dan diperparah lagi, petunjuk arah keluar masuk kendaraan sangat minim sekali.  

“Setelah saya melihat langsung tempat parkir yang ada di basement dan di lantai 1, masih banyak terdapat ruang kosong. Dan petugas parkir tidak mengarahkan kendaraan ke tempat tersebut. Begitu juga di pintu masuk, kendaraan tidak diarahkan ke pintu masuk yang kosong, terang saja terjadi  penumpukkan dan menimbulkan kemacetan,” ujar Mahyeldi. 

Begitu juga dengan parkir kendaraan roda dua, pihak Transmart tidak sepenuhnya mengarahkan kendaraan ke tempat parkir yang dimiliki, malahan membiarkan kendaraan roda dua parkir di trotoar di depan Transmart, dan di trotoar serta di badan jalan disekitar gerai tersebut, padahal tempat parkir kendaraan roda dua yang disediakan masih kosong.

“Hal ini harus segera di tertibkan, jangan korbankan taman dan trotoar dan hak pengguna jalan lainnya. Saya minta pihak Transmart segera untuk menata parkir tersebut, dan memulihkan kembali taman-taman yang rusak seperti sediakala,” ucap Mahyeldi saat bertemu dengan manajemen Transmart.

Mahyeldi meminta Kepala Dinas Perhubungan Kota Padang, Hendrizal Azhar, untuk berkoordinasi dengan pihak manajemen Transmart, agar pengelolaan parkir kendaraan dan lalu lintas di Jalan Khatib Sulaiman kembali lancar dan tertata dengan rapi. (h/mg-mel)


Akses harianhaluan.com Via Mobile harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Kamis, 30 April 2020 - 09:35:21 WIB

    Walikota Padang Terima Rekomendasi LKPJ 2019 

    Walikota Padang Terima Rekomendasi LKPJ 2019  PADANG, HARIANHALUAN.COM - DPRD Kota Padang menggelar rapat paripurna penyampaian rekomendasi LKPJ Wali Kota Padang tahun 2019, Rabu, (29/4).  Rapat paripurna tersebut, dipimpin Ketua DPRD Kota Padanh Syafrial Kani yang dih.
  • Selasa, 31 Maret 2020 - 15:13:12 WIB

    Sidak ke Mako Satpol PP, Ini yang Ditemukan Walikota Mahyeldi

    Sidak ke Mako Satpol PP, Ini yang Ditemukan Walikota Mahyeldi PADANG, HARIANHALUAN.COM -- Walikota Padang Mahyeldi Ansharullah secara mengejutkan muncul di Posko Penanganan Covid-19 pada dini hari, 02.00 WIB, Selasa (31/3/2020). Petugas yang berjaga sontak salah tingkah namun semua terl.
  • Senin, 30 Maret 2020 - 19:05:12 WIB

    Wabah Covid-19, Wakil Walikota Padang Hibahkan Gajinya Enam Bulan

    Wabah Covid-19, Wakil Walikota Padang Hibahkan Gajinya Enam Bulan PADANG, HARIANHALUAN.COM -- Prihatin dengan wabah Covid-19, Wakil Walikota Padang, Hendri Septa mengikuti langkah yang diambil oleh Walikota Padang, Mahyeldi, untuk menghibahkan gajinya selama enam bulan ke depan. Hibah gaji .
  • Jumat, 27 Desember 2019 - 08:33:25 WIB

    Ikutan Yuk Bincang Asyik dengan Wakil Walikota Padang di HHUB Coworking Space

    Ikutan Yuk Bincang Asyik dengan Wakil Walikota Padang di HHUB Coworking Space PADANG, HARIANHALUAN.COM - HHUB Coworking Space bekerja sama dengan Padang Creative Community menggelar iven Bincang Asyik Wakil Walikota Padang Hendri Septa dengan tema "Permindo Night Market: Kolaborasi Membangun Kota", Jum.
  • Selasa, 22 Oktober 2019 - 21:53:55 WIB

    Duo Walikota Bertetangga Ini Sepakat Tingkatkan Kerjasama Program Religi

    Duo Walikota Bertetangga Ini Sepakat Tingkatkan Kerjasama Program Religi PADANG, HARIANHALUAN.COM – Wali Kota Padang Mahyeldi dan Wali Kota Bengkulu Helmi Hasan sepakat menjalin kerjasama dalam melaksanakan program-program keumatan. Program tersebut bertujuan untuk menghadirkan masyarakat yang r.
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]