Tak Usah Panik, Gunung Marapi Masih Berstatus Waspada


Ahad, 04 Juni 2017 - 16:31:31 WIB
Tak Usah Panik, Gunung Marapi Masih Berstatus Waspada Warga terlihat beraktifitas seperti biasa: Metrison/IST

PADANG, HALUAN – Kendati menyemburkan abu hingga tiga kali sepanjang Minggu (5/6) pagi hingga siang ini, status Gunung Marapi di  Tanah Datar belum begitu mengkhawatirkan. Gunung Marapi ini masih di tingkat status waspada.

Hal ini dikatakan  Ketua Pengamatan Gunung Api Merapi Ktr Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologis (PVMBG) Kota Bukittinggi Hartanto P AMd di Kantor PVMBG Bukittinggi kepada media. “Jadi statusnya masih waspada, belum ada peningkatan,”katanya di grup media.

Baca Juga : Pastikan Listrik Aman Saat Lebaran, PLN Sumbar Gelar Vicon dengan Jajaran

Ia menjelaskan, letusan yang terjadi di Gunung Marapi ini diawali pukul 10.01 WIB di ketinggian 300 M dari Puncak kearah Timur, Kec. Pariangan Kab.T.Datar. Setelah itu letusan kedua di pukul 10.22 WIB di ketinggian 700 M dari Puncak ke arah Timur, Kec. Pariangan Kab. T.Datar.

Selain itu, Hartanto juga melaporkan adanya abu Vulkanik Jatuh di Kecamatan Pariangan Kabupetan. Tanah Datar. Namun, selang satu jam lebih, hembusan itu berakhir.

Baca Juga : Sekdako Sonny Turun ke Lapangan Pastikan Satgas Kelurahan di Padang Panjang Berjalan

“Pada pukul 11.56 WIB merupakan Hembusan Terakhir Gunung Merapi, Cuaca disekitar Gunung Merapi cerah dan tidak ada tanda - tanda letusan Vulkanik,”katanya ( h/ks)

Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]