Polisi Sita Petasan Dari Empat Lokasi di Padang


Ahad, 04 Juni 2017 - 16:37:33 WIB
Polisi Sita Petasan Dari Empat Lokasi di Padang

PADANG, HALUAN - Polresta Padang melalui Bagian Operasi (Bag Ops) melakukan razia dan penyitaan terhadap mercon yang dianggap berbahaya dan memiliki daya ledak yang tinggi, Sabtu (3/6) siang. Sasaran dalam kegiatan yang dipimpin oleh Kabag Ops Polresta Padang, Kompol Ediwarman tersebut adalah melakukan penertiban terhadap petasan yang dijual secara bebas oleh pedagang-pedagang eceran.

Setidaknya, empat lokasi disisir oleh lebih dari 50 personil dari berbagai satuan kerja (satker) di Polresta Padang pimpinan Kombes Pol Chairul Aziz tersebut. Di antara keempat lokasi tersebut, diantaranya di kawasan Ganting, Kecamatan Padang Timur, Pasar Raya Padang, Kecamatan Padang Barat, Jalan Tanah Sirah, Kecamatan Lubuk Begalung, dan kawasan Gurun Laweh Nan XX, Kecamatan Lubuk Begalung juga ikut disasar oleh polisi.

Baca Juga : Hari Pertama Kerja Usai Lebaran, Pemko Padang Sidak Kehadiran ASN

Dari hasil razia tersebut, puluhan petasan berbagai merek dengan daya ledak yang terbilang cukup tinggi disita sebagai barang bukti (bb) dan dimusnahkan di sebuah ruang di belakang Polresta Padang, Jalan M Yamin Nomor 1, Kecamatan Padang Barat.

Kabag Ops Polresta Padang, Kompol Ediwarman menyebut bahwa razia terhadap sejumlah petasan berdaya ledak tinggi dan dijual secara bebas dan masif di pasaran tersebut sebagai bentuk keseriusan pihaknya untuk mencegah hal yang mengganggu keamanan dan ketertiban masyarakat (kamtibmas) dan keselamatan jiwa bagi pengguna maupun masyarakat pada umumnya.

Baca Juga : Libur Lebaran Usai, Dinkes Kota Padang: Masyarakat Harus Lakukan Tes Swab

"Dari data yang berhasil dihimpun, sebanyak lima kotak petasan jenis Tikus Happy Flower kami sita. Sleian itu juga ada dua buah mercon jenis Gajah Mada Jumbo, dua kotak mercon jenis New Happy Flower T, satu kotak petasan jenis Ular Kobra, delapan bungkus petasan jenis Dinasaurus Tabung, empat petasan jenis Smoke SMS, dan delapan buah mercon jenis Roman Candle, ukuran delapan inci. Saat kita musnahkan di belakang Polresta Padang, daya ledaknya ternyata cukup tinggi," ungkap Edi.(h/mg-adl)

Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]