Layani Kebutuhan Lebaran 2017, BI Sumbar Sediakan Uang Baru Rp3,4 Triliun


Selasa, 06 Juni 2017 - 11:06:52 WIB
Layani Kebutuhan Lebaran 2017, BI Sumbar Sediakan Uang Baru Rp3,4 Triliun TUKAR UANG -- Kepala Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Sumatra Barat, Puji Atmoko, melihat salah seorang warga Padang yang menukarkan uangnya di loket-loket yang disediakan BI Sumbar untuk penukaran uang baru di lapangan parkir BI Sumbar, Jl. Sudirman No.22 Padang, Senin (5/6). ATVIARNI

 

PADANG, HARIANHALUAN.COM – Bank Indonesia (BI) Wilayah Sumbar tahun ini menyediakan uang sebesar Rp3,4 triliun uang baru untuk kebutuhan lebaran 2017. Uang sebanyak itu, terdiri dari beragam jenis pecahan uang baru, mulai dari Rp1.000 hingga pecahan terbesar Rp100.000, tahun emisi 2016 dan tahun sebelumnya.

Baca Juga : Penginapan di Pantai Anyer 

 

Hal ini diungkapkan Puji Atmoko, Kepala Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Sumatra Barat, Senin (5/6), saat meluncurkan layanan penukaran uang baru yang dilakukan BI mulai Senin (5/6) hingga Selasa (20/6) mendatang di lapangan parkir BI Sumbar, Jl. Sudirman No.22 Padang, Senin (5/6). Peluncuran penukaran uang ini ditandai dengan pelepasan balon oleh Puji Atmoko.

Baca Juga : Kajur Teknik Sipil PNP Sebut Kampus Merdeka Mendobrak Tembok Antar Disiplin Keilmuan

 

 “Secara umum, terjadi penurunan jumlah nominal uang baru yang kami sediakan dibanding tahun lalu. Pada tahun 2016, permintaan uang baru untuk kebutuhan lebaran Rp3,7 triliun. Namun realisasinya hanya Rp2,8 triliun. Nah, tahun ini, permintaan uang baru dari perbankan berjumlah Rp3,4 triliun, dan kita akan layani semua permintaan tersebut. Mudah-mudahan bisa terserap semuanya, sehingga tak ada lagi uang baru yang dikembalikan ke BI setelah lebaran nanti,” kata Puji saat itu.

 

Dikatakan, BI Sumbar akan melayani masyarakat yang akan menukarkan uangnya, mulai pukul 08.30 WIB – 13.00 WIB, setiap hari Senin sampai Kamis di lapangan parkir BI Sumbar. Siangnya, setelah jam istirahat mulai pukul 13.00 WIB – 15.30 WIB, mobil kas keliling BI akan melayani masyarakat pada Senin sampai Kamis di beberapa lokasi. Yakni, di sekitar jembatan Siti nurbaya, Jl. Diponegoro dekat Taman Melati, Bandara Internasional Minangkabau serta di sekitar Kampung Kelawi.

 

“Tujuan dibukanya kas keliling di lokasi-lokasi tersebut, adalah untuk mempersempit gerak orang-orang yang berupaya menjual jasa penukaran uang setiap lebaran. Sebab, hingga saat ini belum ada aturan khusus untuk melarang usaha tersebut. Padahal, jelas-jelas masyarakat yang dirugikan, karena mereka harus membayar lebih untuk menukarkan uang dari nominal yang ditukarkan,” papar Puji.

 

Tak hanya di Padang, BI pun juga akan melayani penukaran uang di berbagai daerah lainnya di Sumbar. Tercatat ada empat lokasi yang akan dilayani BI untuk tahun ini, yakni di Pariaman, Bukittinggi, Payakumbuh dan Kota Solok. Daerah-daerah ini akan dilayani pada Sabtu – Minggu pukul 09.00 WIB – 12.00 WIB.

 

“Kami berharap, layanan BI ini bisa dimanfaatkan oleh masyarakat yang membutuhkan uang baru untuk kebutuhan lebaran kelak. Mereka akan dapatkan jumlah nilai penukaran sesuai dengan nominal uang yang ditukarkannya. Jadi tidak ada bayaran apapun untuk layanan ini, sehingga masyarakat tidak dirugikan,” tutup Puji.  (h/atv)

Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]