Tingkatkan Pengawasan Makanan, Dharmasraya Anggarkan Pembelian Mobil Laboratorium


Kamis, 08 Juni 2017 - 11:46:56 WIB
Tingkatkan Pengawasan Makanan, Dharmasraya Anggarkan Pembelian Mobil Laboratorium Mobil Labor BBPOM/Dokumentasi Haluan

DHARMASRAYA, HARIANHALUAN.COM - Pemerintah Kabupaten Dharmasraya, pada 2018 menganggarkan pengadaan mobil laboratorium keliling sebagai upaya memaksimalkan pengujian pangan di daerah itu.

"Selama ini, kalau ada pemeriksaan masih menggunakan mobil laboratorium milik BBPOM Padang. Misalnya saat melakukan pengawasan dalam bulan Ramadan," kata Bupati Dharmasraya, Sutan Riska di Pulau Punjung.

Ia mengatakan, upaya tersebut sudah disampaikan ke Dinas Kesehatan untuk segera dibahas secara internal mengenai sumber anggaran pengadaannya akan disediakan.

Jika tidak memungkinkan menjemput dana pusat untuk mendapatkan bantuan mobil laboratorium keliling, menurutnya pemerintah setempat akan menganggarkan pengadaannya dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD).

"Rencana ini sudah saya sampaikan Dinas Kesehatan, kalau rasanya tidak mungkin dibeli dari dana pusat, pengadaannya diajukan saja dalam tahun anggaran 2018," ujarnya.

Ia menyebutkan, pengadaan mobil laboratorium keliling juga diusulkan langsung oleh Kepalan BBPOM Sumbar, Zulkifli saat melakukan pengawasan panganan berbuka puasa di Pasar Sikabau pada, Sabtu (4/6).

Secara terpisah, Kepala Dinas Kesehatan setempat, Rahmadian menambahkan, pengadaan mobil laboratorium keliling akan dimasukkan ke dalam perencanaan pembahasan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) 2018.

"Kalau menunggu dari pusat dananya tidak ada, baik itu dari Kemenkes RI dan BPOM Pusat. Jadi kalau memungkinkan perencanaannya nanti dianggarkan dalam APBD 2018," kata dia.

Sebelumnya, Kepala Balai Besar Pengawasan Obat Dan Makanan (BBPOM) Padang, Zulkifli menyarankan pemerintah kabupaten/kota menganggarkan pembelian mobil laboratorium keliling agar pengawasan peredaran produk pangan maupun obat yang mengandung bahan berbahaya dapat dilakukan secara optimal.

"Tahun ini Kabupaten Sijunjung sudah melakukan itu, kami harapkan daerah yang belum memiliki mobil keliling segera dianggarkan, termasuk Dharmasraya," ujarnya. (rel)

 

Editor: Rivo Septi Andries





Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]




TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Selasa, 29 Januari 2019 - 16:02:46 WIB

    Tingkatkan Promosi, Randang Payakumbuh Bakal "Terbang" ke Arab Saudi

    Tingkatkan Promosi, Randang Payakumbuh Bakal JEDDAH, HARIANHALUAN.COM--Upaya untuk mempromosikan randang ke pasar luar negeri terus dilakukan Pemko Payakumbuh. Kali ini, Pemko menggandeng Konsulat Jenderal Republik Indonesia (KJRI) Jeddah, Kerajaan Arab Saudi, untuk pr.
  • Jumat, 16 November 2018 - 09:57:26 WIB

    Satgas PB Agam Tingkatkan Kapasitas

    Satgas PB Agam Tingkatkan Kapasitas AGAM, HARIANHALUAN - Satgas Penanggulangan Bencana (Satgas PB) Badan Penanggulangan Bencana Daerah Agam mendapat pelatihan peningkatan kapasitas dari Badan Pencarian dan Pertolongan kantor Pencarian dan Pertolongan (Basarnas).
  • Rabu, 27 Juni 2018 - 11:34:16 WIB

    Jon Mathias, Perantau Asal Solsel Ini Punya Gagasan Tingkatkan PAD

    Jon Mathias, Perantau Asal Solsel Ini Punya Gagasan Tingkatkan PAD SOLOK SELATAN, HARIANHALUAN.COM- Jon Mathias seorang advokat dan perantau asal Solok Selatan (Solsel) mempunyai gagasan untuk mendorong pemerintah daerah meningkatkan Pendapatan Asli Daerah (PAD) melalui sektor tambang legal.
  • Selasa, 08 Mei 2018 - 11:40:03 WIB

    Tingkatkan Kompetensi Relawan, BPBD Kota Solok Gelar Pelatihan Vertical Rescue

    Tingkatkan Kompetensi Relawan, BPBD Kota Solok Gelar Pelatihan Vertical Rescue SOLOK, HARIANHALUAN.COM- Untuk meningkatkan ketrampilan dan kompetensi SDM relawan dalam memberikan pertolongan kedaruratan dan evakuasi korban bencana, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Solok menggelar Pelatiha.
  • Kamis, 01 Maret 2018 - 22:22:41 WIB

    Tingkatkan Kesadaran Berlalu Lintas, Polresta Solok Gandeng Tokoh Adat

    Tingkatkan Kesadaran Berlalu Lintas, Polresta Solok Gandeng Tokoh Adat SOLOK, HARIANHALUAN.COM- Polres Solok Kota mengandeng tokoh adat  untuk meningkatkan kesadaran dan kepatuhan masyarakat dalam berlalu lintas. Hal itu terlihat dari kegiatan gelar pasukan operasi keselamatan berlalu lintas d.

BERITA TERKINI Index »

BERITA TERPOPULER Index »

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM