Di Sawahlunto, 68 Koperasi Punya Omset Hingga Rp112 M


Selasa, 20 Juni 2017 - 16:33:28 WIB
Di Sawahlunto, 68 Koperasi Punya Omset Hingga Rp112 M

SAWAHLUNTO, HALUAN - Sepanjang tahun 2016, 68 unit koperasi di Sawahlunto, dengan jumlah keanggotaan yang mencapai 10.099 orang, membukukan omset atau volume perputaran uang lebih dari Rp112 miliar.

“Perputaran uang atau omset tersebut didominasi dalam bentuk pinjaman, warung serba ada, dan usaha jasa,” ujar Yosrizal, Kepala Bidang Koperasi dan UKM Dinas Koperasi UKM Perindag Sawahlunto, Senin (19/6).

Yosrizal mengungkapkan, 68 unit koperasi itu memiliki aset mencapai Rp76,4 miliar lebih, dan menyerap lebih dari 200 karyawan, yang menggantungkan perekonomian keluarga mereka kepada koperasi.    

Dari data yang ada, koperasi aktif di Sawahlunto memiliki modal sendiri lebih besar dibandingkan dengan modal pihak ketiga, dengan besaran mencapai Rp39,96 miliar. Sedangkan modal dari luar koperasi mencapai Rp34,67 miliar.

“Untuk sisa hasil usaha, seluruh koperasi aktif mencapai SHU sebesar Rp4,16 miliar,” tambah Yosrizal.

 

Walikota Sawahlunto, Ali Yusuf mengungkapkan, besarnya perputaran uang di tengah koperasi, menandakan koperasi memiliki peran yang sangat besar dalam menggerakan perekonomian masyarakat.

Besarnya peran koperasi dalam membangun ekonomi masyarakat, lanjut Ali Yusuf, membuat pemerintah terus berupaya mendorong perkembangan koperasi yang ada. 

Mulai dari pengembangan sumber daya manusia, penumbuhan koperasi melalui kelompok produktif, hingga penilaian kesehatan koperasi.

“Pemerintah sangat berkomitmen dalam mengembangkan usaha koperasi di tengah masyarakat, khususnya dengan mendorong kelompok masyarakat yang produktif menjadi koperasi,” tambahnya.(h/nto)





Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]




TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Selasa, 19 November 2019 - 11:43:46 WIB

    Kapolres Kampar Dicopot Padahal Baru 2 Bulan Menjabat, Ada Apa?

    Kapolres Kampar Dicopot Padahal Baru 2 Bulan Menjabat, Ada Apa? PEKANBARU, HARIANHALUAN.COM - Baru dua bulan menjabat, Kapolres Kampar di Riau, AKBP Asep Darmanwan mendadak dicopot. Ada apa?.
  • Senin, 18 November 2019 - 16:03:12 WIB

    MTQ ke-47 Tingkat Kabupaten Pasaman Resmi Ditabuh

    MTQ ke-47 Tingkat Kabupaten Pasaman Resmi Ditabuh PASAMAN, HARIANHALUAN.COM -- Bupati Pasaman, Yusuf Lubis membuka secara resmi Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) ke-47 tingkat Kabupaten Pasaman tahun 2019, Senin (18/11)..
  • Rabu, 13 November 2019 - 09:04:51 WIB

    Banyak Tambang Ilegal di Sumatera, Bupati Tak Bisa Menindak

    Banyak Tambang Ilegal di Sumatera, Bupati Tak Bisa Menindak JAKARTA, HARIANHALUAN.COM - Sejumlah wilayah di Sumatera Utara dan Sumatera Barat menjadi korban penambangan ilegal yang tidak mengindahkan ketentuan lingkungan dan kesehatan. Namun pemerintah setempat tak bisa menindak penam.
  • Selasa, 05 November 2019 - 16:18:08 WIB

    Tahun 2020, Pasaman Absen Jadi Tuan Rumah TdS

    Tahun 2020, Pasaman Absen Jadi Tuan Rumah TdS PASAMAN, HARIANHALUAN.COM -- Kepala Dinas Pemuda, Olahraga dan Pariwisata (Disporapar) Kabupaten Pasaman, Linggoman memastikan tahun depan kabupaten itu absen dari penyelenggaraan event Tour de Singkarak (TdS)..
  • Jumat, 01 November 2019 - 10:27:10 WIB

    Kesenian Tradisional Meriahkan Sosialisasi Bawaslu Pasaman

    Kesenian Tradisional Meriahkan Sosialisasi Bawaslu Pasaman PASAMAN, HARIANHALUAN.COM -- Gelar sosialisasi program pengembangan pengawasan partisipatif, Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Pasaman, tampilkan kesenian tradisional Minang Kabau, Jumat (1/11)..

BERITA TERPOPULER Index »

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM