Setelah Sisiri Bandung, FWOS Kupas Program Cricket di Sumbar


Selasa, 20 Juni 2017 - 17:28:24 WIB
Setelah Sisiri Bandung, FWOS Kupas Program Cricket di Sumbar

Wartawan tak hanya berhadapan dengan alat tulis atau alat ketik. Wartawan juga punya gagasan sebagai salah satu komponen bangsa yang berperan di bidangnya masing-masing. Hal ini dilakukan oleh komunitas wartawan olahraga di Padang. Tergabung dalam Forum Wartawan Olahraga Sumbar (FWOS), komunitas wartawan yang punya concern liputan di bidang olahraga ini menggelar diskusi terbatas dengan insan olahraga.

Laporan: Rakhmatul Akbar

Giliran pertama yang digelar akhir pekan lalu mengundang Cabor Cricket yang baru eksis di Sumbar pada tahun 2013 lalu. Kenapa cricket? “Ini penghargaan untuk cabor yang tergolong baru, tapi sudah berkiprah untuk Sumbar di PON Jabar 2016 lalu dengan menyumbang medali perunggu.
Faisal Budiman, wartawan olahraga Harian Metro Andalas yang merupakan Ketua FWOS mengatakan, kegiatan ini merupakan ide spontan para wartawan olahraga yang peduli dengan olahraga Sumbar.
“Dalam sepekan, kegiatan perdana di Fave Hotel Olo Padang direncanakan. Sedianya, kami juga mengundang Bang Leo (Leonardi Harmainy) yang anggota DPD RI yang juga sosok peduli olahraga Sumbar. Tapi beliau berhalangan hadir. Jadi, sebagai kegiatan perdana, kami sangat tersanjung PCI Sumbar yang diwakili oleh Sekum Tri Putra Junaidi Nasution bisa hadir bersama wartawan olahraga,”kata Ajo, sapaan akrab Faisal Budiman.
Kupas olahraga di edisi perdana Jumat (16/6) petang itu diakhiri buka puasa bersama. Seluruh wartawan olahraga di Padang, Dede Amri (Singgalang), Arief Kamil (Rakyat Sumbar), Rakhmatul Akbar (Haluan), Heru (Posmetro), Tua Saman Siregar (TVRI) dan Ficky Trisaputra (Padang TV), Taufik Hidayat (Padang Ekspres) ikut ambil bagian. Ke depan, tentunya kami sudah menyiapkan kegiatan serupa. Bisa jadi, kemasannya menjadi lebih menarik.
“Bukan tidak mungkin tampilannya seperti senior-senior kami di Forum Editor yang mengemas kegiatan ini dengan tema umum,”kata Ajo lagi.
Pada diskusi Jumat petang, pekan lalu  itu, Tri Putra Junaidi Nast hadir  mewakili Ketua Umum Pengprov Persatuan Cricket Indonesia (Pengprov PCI) Sumatera Barat, Dr. Yendrizal.
Diskusi yang dipimpin moderator wartawan olahraga senior Firdaus yang juga general manager Harian Rakyat Sumbar berjalan santai.  Tri Putra Juniai sendiri menyebut Cricket hadir di Sumbar tak lepas dari peran Ketua Umum KONI Sumbar periode sebelumnya, Syahrial Bakhtiar. Mandat dari PB PCI diberikan kepadanya untuk pembentukan Pengprov PCI di Sumbar.
Setelah mandat diberikan maka ditetapkan Dr. Yendrizal sebagai Ketua Umum PCI Sumbar periode 2013-2017.. Terbaru, Dr Yendrizal yang PD I FIK UNP ini kembali terpilih untuk memimpin PCI Sumbar hingga 2021.
Diakui Juned awalnya cukup berat karena apa itu olahraga criket. Dukungan luar biasa Syahrial Bakhtiar seperti melakukan studi banding kemudian mengikuti pelatihan ke Malaysia dan lainnya satu persatu mulai dipahami. "Memang saat itu kami hanya merangkul mahasiswa FIK UNP untuk melatih jadi atlet, bahkan Heru Arfian selain sebagai atlet juga merangkap pelatih," jelasnya.
"Jujur saja kalau tidak ada bantuan besar dari Pak Syahrial Bakhtiar dipastikan kita tak jadi tampil di PON Jabar. Kejurnas Pra PON kita lolos, tahu-tahu mau dekat waktu PON kita dinyatakan tak lolos. Provinsi yang kita kalahkan pada Pra PON dinyatakan lolos, Sumbar kok tidak lolos. Berkat bantuan Pak Syahrial-lah akhirnya kita bisa tampil di PON," jabarnya.
Hasil medali pun akhirnya didulang atlet criket Sumbar. Sumbangan medali perunggu di bagian putra. "Saat ini kami memang didukung penuh oleh UNP. Dan membanggkan criket ini sudah masuk dalam salah satu mata kuliah di FIK UNP," jelasnya.
Hebatnya lagi,  berkat kegigihan para pengurus, criket pada Porprov Sumbar 2016 lalu di Kota Padang dipertandingkan secara eksbisi. Itu artinya, tahun depan criket akan dipertandingkan pada porprov di Kabupaten Padang Pariaman. Saat ini sudah ada 10 pengcab yang aktif. 
Kegiatan ini merupakan kegiatan berkelanjutan yang dilakukan FWOS setelah di tahun2016 lalu mengunjungi Jawa Barat guna melihat dari dekat pengelolaan asset olahraga pasca iven. Tiga hari anggota FWOS ini berkunjung ke arena-arena yang sebelumnya digunakan untuk PON 2016. (*)

loading...
Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]