Polres Pasaman Fokus Amankan Arus Mudik


Rabu, 21 Juni 2017 - 00:32:52 WIB
Polres Pasaman Fokus Amankan Arus Mudik

PASAMAN, HALUAN - Kepala Kepolisian Resor (Polres) Pasaman, AKBP Reko Indro Sasongko meminta seluruh jajarannya untuk fokus dalam pengamanan hari raya Idul Fitri. Termasuk memberi kenyamanan bagi para pemudik. 

Ia pun menyatakan anggota Polri dipersilakan berlebaran bersama keluarga, tapi tidak boleh liburan. 

"Bagi anggota yang beragama Islam silakan mengatur waktu untuk berlebaran, namun tidak boleh liburan seperti orang-orang yang bekerja di instansi pemerintah lainnya," kata AKBP Reko, kemarin.

Menurut Kapolres, selama berlangsung operasi kemanusiaan Ramadan dan Hari Raya (Ramadniya) sebelum dan setelah Idul Fitri 1438 Hijriah, tidak boleh ada anggota Polri cuti pulang kampung apalagi liburan. 

Ia mengatakan, seluruh anggota wajib melaksanakan tugasnya pada saat sebagian besar orang menikmati liburan cuti bersama mudik Lebaran bersilaturahmi dengan keluarga.

"Anggota Polri sangat diharapkan oleh masyarakat untuk hadir di tengah-tengah mereka yang melakukan perjalanan mudik dan berbagai aktivitas persiapan Idul Fitri," ujar Reko.

Reko menambahkan bahwa Polri akan membantu masyarakat yang melakukan perjalanan mudik di sepanjang jalur lintas Sumatera, ruas Pasaman. Polisi, kata dia, akan menjaga arus lalu lintas agar tetap lancar dan terhindar dari kejahatan.

"Untuk antisipasi kita sudah dirikan tiga pos pengamanan Lebaran, yakni di Bonjol, Lubuksikaping dan kawasan objek wisata Rimbo Panti. Ditiap Polsek, anggota juga siaga 24 jam," katanya. 

Melalui berbagai upaya tersebut, kata dia, diharapkan masyarakat dalam beribadah puasa berlangsung tenang, aman, dan nyaman, serta dapat merayakan Idul Fitri dengan penuh sukacita. 

"Seluruh jajaran sudah kita minta siaga menjelang dan usai lebaran. selama 15 hari kedepan, 19 Juni-4 Juli 2017," tukasnya. 

Kriminalitas diprediksi akan meningkat saat menjelang dan usai Lebaran, sehingga kondisi ini menjadi perhatian pihaknya untuk melindungi masyarakat. 

Pihaknya pun, kata dia, sudah memantau kesiapan jalur mudik di wilayah itu. Sejumlah ruas jalan, kata dia, rawan akan tanah longsor dan pohon tumbang. Seperti di perbatasan Kumpulan-Agam, Lurah Berangin, Muaracubadak-Polongan Dua, Rimbo Panti-Cubadak serta Malampah-Simpang.

"Alhamdulillah, jalur mudik di Pasaman dalam kondisi layak tempuh. Jalannya bagus, sejumlah jalan berlubang sudah ditambal sulam. Cuma yang harus diperhatikan adalah sejumlah titik rawan longsor dan pohon tumbang," katanya. (h/mg-yud)



Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com


[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]




TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Selasa, 18 Februari 2020 - 16:46:34 WIB

    Kapolres Pessel Serahkan Penghargaan untuk Anggotanya yang Berprestasi

    Kapolres Pessel Serahkan Penghargaan untuk Anggotanya yang Berprestasi PAINAN, HARIANHALUAN.COM - Polres Pessel memberi reward kepada 7 orang opsnal Reskrim yang berprestasi yaitu 5 orang opsnal narkoba dan 1 anggota polsek, Polres Pesisir Selatan..
  • Jumat, 14 Februari 2020 - 21:51:57 WIB

    Bantu Masyarakat Miskin, Satlantas Polres Pessel Gelar 'Jumat Berbagi'

    Bantu Masyarakat Miskin, Satlantas Polres Pessel Gelar 'Jumat Berbagi' PAINAN, HARIANHALUAN.COM - Jajaran Satlantas Polres Pesisir Selatan yang dipimpim Iptu Yuliadi menggelar kegiatan bakti sosial dengan mengunjungi rumah Rikat (45), warga Kenagarian Laban Salido Kecamatan IV Jurai Pessel, Juma.
  • Rabu, 12 Februari 2020 - 21:04:10 WIB

    Kapolres Pasaman: Aparat yang Terlibat Tambang Ilegal Akan Ditindak Tegas

    Kapolres Pasaman: Aparat yang Terlibat Tambang Ilegal Akan Ditindak Tegas PASAMAN, HARIANHALUAN.COM - Kepala Polisi Resor (Kapolres) Pasaman, AKBP Hendri Yahya, mengatakan pihaknya akan menindaktegas bagi siapapun oknum aparat kepolisian di wilayah hukumnya yang terbukti terlibat praktik penambanga.
  • Rabu, 12 Februari 2020 - 20:54:05 WIB

    Kapolres Pasaman Jadi Imam Salat di Rutan

    Kapolres Pasaman Jadi Imam Salat di Rutan PASAMAN, HARIANHALUAN.COM--Ada banyak upaya pendekatan yang bisa dilakukan polisi dalam membina para tahanan agar menjadi lebih baik. Salah satunya seperti yang dilakukan Kapolres Pasaman AKBP Hendri Yahya, SE. Apa itu?.
  • Senin, 10 Februari 2020 - 16:29:41 WIB

    Blusukan ke Sekolah, Kapolres Pessel Tekankan Siswa Taat Aturan

    Blusukan ke Sekolah, Kapolres Pessel Tekankan Siswa Taat Aturan PAINAN, HARIANHALUAN.COM -- Kapolres Pessel, AKBP Cepi Noval memberikan pemahaman di hadapan siswa SMAN 2 Painan Pessel tentang curanmor, curat, curas, bahaya narkoba dan tertib lalulintas di halaman sekolah tersebut, Seni.

BERITA TERPOPULER Index »

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM