Di Daerah ini, Ikan Larangan tak Lagi Jadi Pantangan


Ahad, 02 Juli 2017 - 17:23:17 WIB
Di Daerah ini, Ikan Larangan tak Lagi Jadi Pantangan Warga Tengah memancing ikan di kawasan larangan di Pesisir Selatan. M JONI

PAINAN,HALUAN Banyak kawasan larangan mengambil ikan di Sumbar yang biasa disebut kawasan Ikan Larangan.  Sebagian lain, menyebutnya sebagai Lubuk Larangan, seperti di Kampung Lubuk  Begaluang kenagarian Aur Begaluang kecamatan Bayang Pessel. Namun, di saat libur lebaran ini, kawasan itu dibuka untuk umum. Tapi, bukan gratis begitu saja. Setiap pemancing, dikenakan biaya Rp100 ribu dan mereka bisa memancing sepuasnya hingga setengah hari.

Ketua pelaksana kegiatan, Budi Hartono menyebut, uang yang terkumpul nantinya akan digunakan untuk pembangunan masjid di kampung mereka. Budi yang juga ketua Pemuda Lubuk Begalung itu menyebut, kegiatan ini berlangsung  selama 7 hari yang diawali, Sabtu(1/7) ini. Si pemancing, katanya, dibatasi hanya radius 500 meter dari bawah jembatan gantung, bagi peserta yang berhasil ikannya bisa dibawa pulang.

Soal kawasan larangan ini, Wali nagari Aur Begaluang  kecamatan Bayang Pessel Awaludin mengatakan, ikan yang sudah ditebarkan dalam sungai  merupakan tanggung jawab bersama untuk menjaga dan melestarikannya. Artinya, kata Awaludin lagi, ikan yang ada dalam sungai tidak bisa diambil tanpa  persetujuan masyarakat nagari. Bagi masyarakat  yang nakal sengaja menangkap ikan secara ilegal  akan mendapatkan sangsi  di masyarakat nagari.

Memancing bersama ini merupakan kegiatan perdana di nagari tersebut. Rencananya, kegiatan ini akan menjadi agenda rutin untuk digelar setiap tahunnya. (h/mjn)

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]