Pendaftaran Anggota Panwaslih, Dua Daerah Sepi Peminat


Ahad, 02 Juli 2017 - 18:45:46 WIB
Pendaftaran Anggota Panwaslih, Dua Daerah Sepi Peminat Ilustrasi

PADANG, HALUAN--Tim Seleksi (Timsel) Panitia Pengawasan Pemilih (Panwaslih) Sumbar memperpanjang jadwal pendaftaran, pasalnya dua daerah Kabupaten Kepulauan Mentawai dan Solok Selatan tidak memenuhi kuota.

Timsel Samaratul Fuad saat dihubungi Haluan mengatakan, setelah dibuka pendaftaran beberapa pekan lalu ternyata ada dua daerah yang tidak memenuhi kuota untuk itu timsel memutuskan memberikan perpanjangan waktu pendaftaran dari tanggal 3 hingga 7 Juli mendatang.

"Untuk daerah lain sudah memenuhi kuota dan bahkan ada yang sangat melebihi kuota, seperti pendaftar di Kota Padang. Mudah-mudahan dengan diperpanjang ini akan memenuhi kuota 12 orang atau lebih nantinya," ujarnya, Minggu (2/7).

Untuk daerah lainnya yang sudah mendaftar yang memenuhi kuota, Timsel akan melakukan pemeriksaan berkas-berkasnya dan dari sinilah nanti akan dilihat siapa saja yang akan lanjut hingga ke tahap berikutnya. "Kami lakukan pemeriksaan daerah yang sudah memenuhi kuota, sembari menunggu dua daerah yang sedang diperpanjang masa pendafatarannya," ulasnya.

Setelah dilakukan pemeriksaan semua berkas para pendaftar, Timsel akan memplenokan siapa saja yang lolos dan mengikuti tes selanjutnya. Pleno akan dilaksanakan tanggal 7 Juli 2018 nanti, dan pada tanggal 8 langsung diumumkan nama-nama yang lolos dan akan mengikuti tes tertulis tanggal 10 Juli 2018.

Setelah tes tertulis dan diumumkan nama-nama yang lolos, tahap berikutnya akan masuk pada tes wawancara yang nantinya akan menghasilkan enam nama dan enam nama ini akan dikirim ke Bawaslu Sumbar untuk dilakukan fit and propertest.

"Kalau dari Timline yang ada, pelantikan panwasli ini akan dilaksanakan di pertengahan Agustus nanti," ujarnya.

Diketahui, jumlah pendaftar calon Panwaslih yang ada di Sumbar untuk jumlah pendaftaran yang ada di wilayah 1 Timsel sebanyak 279 orang per 24 Juni 2017, dan jumlah pendaftar di wilayah II sebanyak 175 orang per 24 Juni 2017. "Dari 19 kabupaten kota, Kota Padang menjadi pendaftar terbanyak bahkan sangat melebihi kuota yakni 105 dan yang minim pendaftar dua daerah Mentawal dan Solsel," ujarnya. (h/rin)

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Rabu, 19 Februari 2020 - 00:22:23 WIB
    Usung Hendrajoni di Pilkada 2020

    Nasdem Pessel Tidak Buka Pendaftaran Calon Bupati

    Nasdem Pessel Tidak Buka Pendaftaran Calon Bupati PAINAN, HARIANHALUAN.COM -- Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Partai Nasdem Kabupaten Pesisir Selatan siap melaksanakan Peraturan Organisasi (PO) Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Partai Nasdem untuk tidak membuka pendaftaran bakal calon .
  • Selasa, 18 Februari 2020 - 13:11:57 WIB

    KPU Padang Pariaman Buka Pendaftaran PPS Pilkada 2020

    KPU Padang Pariaman Buka Pendaftaran PPS Pilkada 2020 PADANGPARIAMAN, HARIANHALUAN.COM - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Padang Pariaman membuka pendaftaran Panitia Pemungutan Suara (PPS) untuk Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak 2020 di Padang Pariaman..
  • Jumat, 14 Februari 2020 - 19:34:30 WIB

    Panwascam Payakumbuh Timur Buka Pendaftaran Panwaskel

    Panwascam Payakumbuh Timur Buka Pendaftaran Panwaskel PAYAKUMBUH, HARIANHALUAN.COM - Panitia Pengawas Kecamatan (Panwascam) Payakumbuh Timur Kota Payakumbuh, membuka pendaftaran untuk Panitia Pengawas (Panwas) Kelurahan secara serentak, sejak Senin (10/2). .
  • Ahad, 26 Januari 2020 - 20:27:57 WIB

    KPU Pasaman Tutup Pendaftaran, Pelamar Calon PPK Capai 497 Orang

    KPU  Pasaman Tutup Pendaftaran, Pelamar  Calon PPK  Capai 497 Orang PASAMAN, HARIANHALUAN.COM--Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Pasaman, resmi menutup pendaftaran calon Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) untuk gelaran Pilkada serentak 2020. Sejak dibuka pada 18-24 Januari, total pendaftar.
  • Selasa, 05 November 2019 - 12:55:11 WIB
    Digawangi Fahri Hamzah dan Anis Matta

    Siap-siap! Proses Pendaftaran Badan Hukum Partai Gelora Dimulai

    Siap-siap! Proses Pendaftaran Badan Hukum Partai Gelora Dimulai POLITIK, HARIANHALUAN.COM -- Mantan Wakil Ketua DPR RI Fahri Hamzah memulai proses pendaftaran badan hukum untuk Partai Gelombang Karya atau Gelora. Ia juga telah meluncurkan logo Partai Gelora melalui akun Twitter pribadinya.
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]