Puluhan ASN dan Tenaga Kontrak Bolos, Bupati Pasaman: Ada Sanksi Tegas


Senin, 03 Juli 2017 - 18:45:09 WIB
Puluhan ASN dan Tenaga Kontrak Bolos, Bupati Pasaman: Ada Sanksi Tegas Ilustasi/Haluan

PASAMAN, HARIANHALUAN.COM—Sebanyak 31 orang pegawai di lingkup Pemerintahan Kabupaten Pasaman, membolos alias tanpa keterangan pada gelaran apel perdana usai libur bersama perayaan Idul Fitri 1438H, Senin (3/7). Mereka, ASN dan Tenaga Kontrak ini terancam sanksi tegas.

 

Ke-31 pegawai itu berasal dari sejumlah SOPD, seperti Dinas Pekerjaan Umum dan Tata Ruang, Dinas Kesehatan, Dinas Pendidikan, Dinas Pertanian, Dinas Perikanan, Sekretariat Daerah (Setda), Dinas Koperasi dan UKM serta Dinas Sosial serta dinas lainnya.

 

Pantauan Harianhaluan.com, pelaksanaan apel perdana usai libur lebaran ini tidak seperti biasa. Para kepala OPD yang biasanya berada dibarisan bersama bupati, wakil bupati dan sekda diminta masuk kebarisan dinasnya masing-masing. 

 

Mereka lalu diminta menghitung jumlah, kurang dan kehadiran para jajarannya untuk selanjutnya dilaporkan kepada dirinya selaku kepala pemerintahan di daerah itu. Setelah itu, barulah bupati bersama wakil bupati menyambangi barisan dinas itu satu persatu.

 

"Nanti mereka yang TK ini kita kumpulkan, lalu kita mintai keterangan ikhwal ketidakhadiran mereka pada apel perdana ini. Padahal, jauh-jauh hari sudah disampaikan. Tidak hadir usai libur lebaran sanksinya berat," kata Bupati Yusuf

 

Menurutnya, sudah sejatinya seorang staf, ASN maupun tenaga kontrak mengikuti seluruh peraturan berlaku dilingkup pemerintahan setempat. Jika tidak, kata dia, bersiap untuk dikenai sanksi tegas akibat ketidakdisiplinannya sendiri.

 

"Bagi seorang tenaga kontrak, tidak hadir pada hari itu, kata dia, akan diputus kontrak sebagai pegawai kontrak di pemerintahan. Demikian pula bagi ASN, sanksi tegas sudah menunggu sebagaimana aturan yang berlaku tentang ASN," katanya.

 

Ia pun meminta, sekda bersama kepala Inspektur daerah untuk melakukan monitoring keseluruh SOPD guna memastikan pegawai yang masih tetap membolos pada hari perdana kerja setelah libur bersama sejak 23 Juni lalu.

 

"Pak sekda, pak Inspektur tolong dicek kehadiran para pegawai ini ditiap OPD. Apakah mereka masih menambah libur meskipun sudah disampaikan tidak boleh cuti, izin setelah libur bersama Idul Fitri," ujarnya.  (h/yud)

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]