Puluhan ASN dan Tenaga Kontrak Bolos, Bupati Pasaman: Ada Sanksi Tegas


Senin, 03 Juli 2017 - 18:45:09 WIB
Puluhan ASN dan Tenaga Kontrak Bolos, Bupati Pasaman: Ada Sanksi Tegas Ilustasi/Haluan

PASAMAN, HARIANHALUAN.COM—Sebanyak 31 orang pegawai di lingkup Pemerintahan Kabupaten Pasaman, membolos alias tanpa keterangan pada gelaran apel perdana usai libur bersama perayaan Idul Fitri 1438H, Senin (3/7). Mereka, ASN dan Tenaga Kontrak ini terancam sanksi tegas.

 

Ke-31 pegawai itu berasal dari sejumlah SOPD, seperti Dinas Pekerjaan Umum dan Tata Ruang, Dinas Kesehatan, Dinas Pendidikan, Dinas Pertanian, Dinas Perikanan, Sekretariat Daerah (Setda), Dinas Koperasi dan UKM serta Dinas Sosial serta dinas lainnya.

 

Pantauan Harianhaluan.com, pelaksanaan apel perdana usai libur lebaran ini tidak seperti biasa. Para kepala OPD yang biasanya berada dibarisan bersama bupati, wakil bupati dan sekda diminta masuk kebarisan dinasnya masing-masing. 

 

Mereka lalu diminta menghitung jumlah, kurang dan kehadiran para jajarannya untuk selanjutnya dilaporkan kepada dirinya selaku kepala pemerintahan di daerah itu. Setelah itu, barulah bupati bersama wakil bupati menyambangi barisan dinas itu satu persatu.

 

"Nanti mereka yang TK ini kita kumpulkan, lalu kita mintai keterangan ikhwal ketidakhadiran mereka pada apel perdana ini. Padahal, jauh-jauh hari sudah disampaikan. Tidak hadir usai libur lebaran sanksinya berat," kata Bupati Yusuf

 

Menurutnya, sudah sejatinya seorang staf, ASN maupun tenaga kontrak mengikuti seluruh peraturan berlaku dilingkup pemerintahan setempat. Jika tidak, kata dia, bersiap untuk dikenai sanksi tegas akibat ketidakdisiplinannya sendiri.

 

"Bagi seorang tenaga kontrak, tidak hadir pada hari itu, kata dia, akan diputus kontrak sebagai pegawai kontrak di pemerintahan. Demikian pula bagi ASN, sanksi tegas sudah menunggu sebagaimana aturan yang berlaku tentang ASN," katanya.

 

Ia pun meminta, sekda bersama kepala Inspektur daerah untuk melakukan monitoring keseluruh SOPD guna memastikan pegawai yang masih tetap membolos pada hari perdana kerja setelah libur bersama sejak 23 Juni lalu.

 

"Pak sekda, pak Inspektur tolong dicek kehadiran para pegawai ini ditiap OPD. Apakah mereka masih menambah libur meskipun sudah disampaikan tidak boleh cuti, izin setelah libur bersama Idul Fitri," ujarnya.  (h/yud)





Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com
BERITA TERKAIT

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]




TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Kamis, 17 Januari 2019 - 23:51:52 WIB

    Puluhan Mahasiswa Aksi Damai di Kantor Bupati Pessel

    Puluhan Mahasiswa Aksi Damai di Kantor Bupati Pessel PAINAN, HARIANHALUAN.COM - Puluhan mahasiswa yang tergabung dalam Aliansi Mahasiswa Peduli Pesisir Selatan (Pessel), melakukan aksi damai di depan kantor bupati setempat. Dalam orasi tersebut, sedikitnya ada lima item pertany.
  • Selasa, 13 November 2018 - 16:57:21 WIB

    Puluhan Imam Masjid di Kabupaten Solok Ikut Pelatihan

    Puluhan Imam Masjid di Kabupaten Solok Ikut Pelatihan AROSUKA, HARIANHALUAN.COM—Puluhan imam masjid di Kabupaten Solok medapat pelatihan. Hal itu dilakukan untuk menjadikan Imam sebagai taulan di kehidupan masyarakat..
  • Rabu, 18 Oktober 2017 - 13:20:14 WIB

    Puluhan Jorong di Pasbar Tak Ada Sinyal Komunikasi

    Puluhan Jorong di Pasbar Tak Ada Sinyal Komunikasi PASBAR, HARIANHALUAN.COM — Sebanyak 56 jorong yang tersebar di beberapa kecamatan di Pasaman Barat hingga hari ini masih belum terjangkau sinyal handphone. Akibatnya, masyarakat setempat sulit melakukan komunikasi dengan da.
  • Sabtu, 17 Juni 2017 - 00:52:29 WIB

    Bupati Pasaman Geram, Puluhan Staf Umum Izin Massal

    Bupati Pasaman Geram, Puluhan Staf Umum Izin Massal PASAMAN, HARIANHALUAN.COM - Bupati Pasaman, Yusuf Lubis, lagi-lagi dibuat jengkel oleh sebagian pegawai di Sekretariat Daerah (Setda) setempat, khususnya pada bagian umum. Kegusarannya disebabkan puluhan pegawai tidak hadir a.
  • Senin, 29 Mei 2017 - 19:11:29 WIB

    Puluhan Warga Pessel Terjangkit DBD

    Puluhan Warga Pessel Terjangkit DBD PAINAN, HARIANHALUAN.COM - Penyakit demam berdarah (DBD) yang disebabkan oleh nyamuk aides aygepti, kini mewabah di wilayah Kabupaten Pesisir Selatan (Pessel), tepatnya di Kenagarian Punggasan Utara, Kecamatan Linggosaribaga.
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM