Pemilihan Wali Nagari di Tanah Datar Dilakukan Serentak 13 September 2017


Senin, 03 Juli 2017 - 19:20:06 WIB
Pemilihan Wali Nagari di Tanah Datar Dilakukan Serentak 13 September 2017 Ilustasi/Haluan

TANAH DATAR, HARIANHALUAN.COM - Pemerintah Kabupaten Tanah Datar meluncurkan pesta demokrasi pemilihan walinagari (Pilwanag) secara serentak pada 13 September mendatang.

"Pilwanag yang digelar serentak pada 13 September ini diharapkan masyarakat dapat menggunakan hak pilihnya, menjaga kekompakan, netralitas, dan menghindari perpecahan," kata Bupati Tanah Datar, Irdinansyah Tarmizi saat peluncuran Pilwanag serentak di Batusangkar, Senin (3/7).
 
Dikatakan bupati, Pilwanag serentak hendaknya berlangsung secara profesional, tertib, jujur, demokratis sehingga menghasilkan pemimpin yang netral.
 
Ia menyampaikan Pilwanag yang bakal digelar merupakan salah satu agenda penting pemerintah daerah yang harus menjadi tanggung jawab bersama untuk menyukseskannya.
 
"Kami semua harus menjaga ketertiban dan keamanan untuk melaksanakan pesta demokrasi ini, agar nantinya berjalan dengan lancar karena ini adalah tangung jawab serta beban kami bersama," katanya.
 
Ketua DPRD Tanah Datar, Anton Yondra mengharapkan pemerintah daerah hendaknya menggencarkan sosialisasi tahapan Pilwanag beserta peraturan daerahnya sehingga dapat dipahami semua pihak yang akan menggelar pesta demokrasi khususnya masyarakat dan calon walinagari.
 
"Kini juga sudah dimulai tahapan pendaftaran bagi calon walinagari yang akan ikut pemilihan itu nanti," katanya.
 
Disebutkan Anton, dalam Perda Pilwanag persyaratan calon walinagari tidak terbatas domisili berdasarkan Keputusan MK Nomor 128/PUU-XIII-2015, tidak menjadi pengurus Parpol, tidak menjadi anggota atau pengurus organisasi terlarang. Tidak pernah dihukum sepanjang adat dan syarak karena melakukan pelanggaran adat dan syarak, bersedia tinggal di nagari, bisa membaca Al Quran, memahami secara umum adat salingka nagari dan diketahui oleh kepala kaum, sebutnya. (h/fma)
 
 
Editor: Rivo Septi Andries

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Ahad, 17 November 2019 - 08:27:02 WIB

    Ini Target PKS pada Pemilihan Kepala Daerah 2020

    Ini Target PKS pada Pemilihan Kepala Daerah 2020 JAKARTA, HARIANHALUAN.COM - Partai Keadilan Sejahtera (PKS) menargetkan bisa memenangkan 60 persen Pemilihan Kepala Daerah 2020. Target tersebut merupakan salah satu hasil rekomendasi Rapat Koordinasi 2019 PKS yang digelar em.
  • Senin, 14 Oktober 2019 - 20:37:44 WIB

    Mekanisme Pemilihan Presiden Disebut Politisi Boleh Diubah

    Mekanisme Pemilihan Presiden Disebut Politisi Boleh Diubah Ketua Fraksi Partai NasDem di DPR Ahmad Ali menganggap perubahan mekanisme pemilihan calon presiden-wakil presiden melalui amendemen UUD 1945 bukan hal yang tabu. Menurutnya, itu bisa saja dilakukan jika masyarakat tak in.
  • Selasa, 01 Oktober 2019 - 21:45:25 WIB

    Sidang Pemilihan Memanas, Inilah Para Calon Pimpinan DPD 2019-2024

    Sidang Pemilihan Memanas, Inilah Para Calon Pimpinan DPD 2019-2024 JAKARTA, HARIANHALUAN.COM - Berdasarkan pemilihan calon Pimpinan DPD RI di masing-masing gugus atau wilayah, Selasa (1/10/2019) sore, telah menghasilkan 4 nama. Untuk Gugus atau wilayah Barat I muncul nama Sultan Bactiar (Ben.
  • Selasa, 01 Oktober 2019 - 21:02:28 WIB

    Pemilihan Pimpinan DPD RI Memanas, Also: Dipicu Persoalan Tatib

    Pemilihan Pimpinan DPD RI Memanas, Also: Dipicu Persoalan Tatib JAKARTA,HARIANHALUAN.COM-Situasi terkini  menjelang pemilihan pimpinan DPD RI, semakin memanas  karena adanya aksi untuk menolak pemberlakuan tatib baru yang diduga kontraversial,  cacat formil dan prosedural.
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]