Polisi Tingkatkan Pengawasan, Dilarang Bawa Ransel ke Masjid Polri


Selasa, 04 Juli 2017 - 10:55:51 WIB
Polisi Tingkatkan Pengawasan, Dilarang Bawa Ransel ke Masjid Polri Ilustasi/Haluan

PADANG, HARIANHALUAN – Tak ingin kecolongan terhadap aksi terror yang menimpa anggota Polri di Jakarta dan Medan, Polda Sumbar memperketat pengamanan lingkungan dan aset Polri. Salah satu langkah yang dilakukan dengan melakukan pemeriksaan barang bawaan orang yang masuk ke mako hingga pelarangan membawa ransel ke masjid polri.

“Itu (larangan bawa ransel) salah satu bentuk teknisnya. Tapi secara umum, bagaimana kita meningkatkan pengawasan di lingkungan kita, termasuk di asrama. Selain itu, anggota juga diminta lebih meningkatkan kewaspadaan terhadapi diri sendiri, seperti mereka yang bertugas di jalanan,”kata Kapolda Sumbar Irjen Pol Drs Fakhrizal saat dihubungi Haluan, tadi malam.

Jenderal bintang dua ini mengakui, instruksi peningkatan pengawasan itu tidak terlepas dari dua peristiwa teror yang menjadikan anggota Polri sebagai sasaran. Diakuinya, aksi terror tersebut dapat terjadi dimana saja, termasuk Sumbar. Untuk itu, dengan pengawasan yang lebih ditingkatkan, hal ini bisa diminimalisir. Karenanya, seluruh Polda, termasuk Sumbar diminta melakukan proteksi terhadap teror yang kini menyasar ke Polri.

“Semuanya meningkatkan kewaspadaan. Pola teror sekarang sudah langsung dialamatkan ke jajaran Polri. Kasus di Jakarta menjadi rujukan, dan bisa saja terjadi di Sumbar,” ucapnya.

Selain itu, ia juga mengingatkan anggotanya untuk tidak lengah. Jangan takabur, dan menganggap serangan serupa tidak akan terjadi di Sumbar.  Fakhrizal juga memerintahkan agar para jajarannya dalam melaksanakan patroli rutin juga menyiapkan pasukan cadangan serta melibatkan personil dari TNI. Hal tersebut dikatakannya demi memberikan rasa aman kepada masyarakat.

 

Kita tentu tak ingin itu terjadi di Sumbar. Ancaman bisa datang secara tiba-tiba dan dimana saja. Polisi telah dianggap musuh bagi pelaku penyerangan yang belum jelas motifnya,” kata Fakrizal.

 


Akses harianhaluan.com Via Mobile harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]