Sejumlah Wilayah di Solsel Belum Nikmati Listrik


Selasa, 04 Juli 2017 - 11:13:22 WIB
Sejumlah Wilayah di Solsel Belum Nikmati Listrik Ilustasi/Haluan

SOLOK SELATAN, HARIANHALUAN.COM – Aliran listrik masih belum menyentuh masyarakat di daerah pedalaman. Kondisi ini harus ditunjang juga dengan adanya peningkatan infrastruktur jalan dan penetaan ulang tata ruang di daerah itu.

Wakil Ketua DPRD Solok Selatan, Ali Sabri Abbas menjelaskan, satu-satunya upaya bisa masuknya listrik PLN ditiga Kenagarian di Lubuk Ulang Aling, lewat pembenahan infrastruktur jalan dan penataan pemukiman warga.

Persoalan belum disentuhnya daerah yang menyebabkan Solok Selatan sebagai daerah tertinggal, oleh aliran listrik. Pihak Pemkab dan DPRD Solsel sudah surati PLN. Agar listrik bisa sampai di Sungai Panuah Nagari Lubuk Ulang Aling, sehingga dapat juga jangkau Lubuk Ulang Aling Selatan dan Tengah.

"PLN menganggap pengadaan terlalu besar untuk biaya tiang listrik, karena infrastruktur jalan belum memadai. Masih tanah, bila hujan kendaraan sering keram," kata Ali Sabri Abbas, di Golden Arm.

Dia menyebutkan, dulu di Sungai Panuah sudah ada PLTS. Namun tidak adanya tim teknis, ketika terjadi kerusakan. Sehingga listrik PLTS tak mengalir lagi. Lewat PLTS biayanya cukup besar, hingga sekarang listrik PLTS itu tak berfungsi lagi.

Dinilainya bila infrastruktur jalan baik, maka memudahkan pengangkutan tiang listrik. Dan penataan penduduk akan tertata dengan sendirinya.

"Saya menilai, satu-satunya jalan memasukan listrik PLN ke nagari terisolasi itu. Harus infrastrukturnya di perbaiki, tahun ini dikuncurkan anggaran Rp10 miliar hotmix," tuturnya.

Kondisi saat ini sejak PLTS terhenti beroperasi sejak terjadi kerusakan, sebut Ali warga beralih ke genset untuk alat penerangan. Biaya operasionalnya cukup tinggi, bila dibanding pembayaran arus listrik yang sedang mengalami kenaikan. Tetap saja lebih besar pengeluaran warga yang menggunakan genset tersebut.

"Bagaimana pun, biaya genset tetap mahal jika dibandingkan gunakan arus listrik," terangnya.

Walinagari Lubuk Ulang Aling Tengah, Yunidas juga berharap daerahnya bisa disentuh arus listrik PLN, sebab sangat susah membuat administrasi nagari. Bila dengan genset, barang elektronik berupa komputer mudah rusak. Karena arusnya tak stabil.

"Justru itu, masyarakat kami rindukan listrik," paparnya.


Akses harianhaluan.com Via Mobile harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]