Wow! Pemko Padang Pesan Mobil Penyapu Jalan, Ini Penampakannya


Selasa, 04 Juli 2017 - 23:14:58 WIB
Wow! Pemko Padang Pesan Mobil Penyapu Jalan, Ini Penampakannya Penampakan mobil khusus menyapu jalan yang dipesan Pemko Padang. IST

PADANG, HARIANHALUAN.COM - Pemerintah Kota Padang terus berusaha menjaga kebersihan kotanya. Berbagai langkah dan terobosan baru dilakukan agar kota benar-benar kinclong. Salah satunya dengan mendatangkan mobil khusus penyapu jalan.

Walikota Padang H. Mahyeldi Ansharullah Dt Marajo menyebut, bahwa pihaknya telah menyiapkan kendaraan penyapu jalan. Hal ini bertujuan agar jalan utama di Kota Padang bersih dari sampah.

"Sebentar lagi kita memiliki mobil 'sweeper' atau penyapu jalan," ujar Mahyeldi, Selasa (4/7).

Kepala Dinas Lingkungan Hidup Al Amin membenarkan rencana tersebut, dikatakakannya, bahwa Dinas Lingkungan Hidup telah memesan satu unit mobil 'sweeper'. Saat ini mobil tersebut masih berada di Jakarta.

"Kami melakukan pengadaan satu unit mobil itu, dan kini masih di Jakarta," terangnya.

Rencananya, mobil tersebut akan berfungsi membersihkan jalan utama di Padang. Dengan rute dari Hotel Grand Zuri hingga ke batas kota.

"Mobil itu membantu menjaga kebersihan di jalan utama," tukasnya.

Keberadaan mobil ini sangat berdaya guna. Selain proses kerjanya cepat, juga menghemat tenaga manusia.

"Dengan adanya mobil ini, para penyapu jalan yang sebelumnya bertugas di jalan utama kita pindahkan ke jalan yang belum terjangkau penyapu selama ini. Seperti di Siteba dan jalan gang yang ada di pusat kota," terang Al Amin.

Mobil sweeper ini nantinya tidak beroperasi seharian penuh. Al Amin mengungkapkan bahwa mobil tersebut bekerja pada malam hingga subuh. Mulai pukul 02.00 Wib hingga sebelum pukul 06.00 Wib.

"Jika sudah pukul 06.00 Wib, mobil ini tidak akan kelihatan lagi," cecar Al Amin.

Mobil berbadan besar itu dibeli dengan harga Rp 2,8 milyar. Al Amin mengaku, saat ini pihaknya sudah menyiapkan delapan orang operator yang akan mengoperasikan mobil tersebut. Delapan orang itu tengah dilatih saat ini.

"Kami launching mobil tersebut nanti pada saat Peringatan Hari Lingkungan Hidup," pungkasnya.(humas)

 

Editor: Rivo Septi Andries

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Selasa, 15 Agustus 2017 - 17:57:23 WIB

    Wow! SPG Rokok Akan Dilarang Beredar di Padang

    Wow! SPG Rokok Akan Dilarang Beredar di Padang PADANG, HARIANHALUAN.COM—Pemerintah Kota (Pemko) Padang akan melarang promosi dan penjualan rokok melalui gadis promosi produk (Sales Promotion Girl/SPG) rokok setelah Peraturan Daerah (Perda) Kawasan Tanpa Rokok (KTR) sele.
  • Selasa, 13 Juni 2017 - 23:04:25 WIB

    Wow! Geng Motor dan Pelaku Tawuran yang Tertangkap Bakal Masuk Kamp Militer

    Wow! Geng Motor dan Pelaku Tawuran yang Tertangkap Bakal Masuk Kamp Militer PADANG, HARIANHALUAN.COM— Bagi remaja di Kota Padang yang tertangkap dan terlibat aksi tawuran dan balap liar bakal dimasukan ke dalam Camp di Anak Aia, Koto Tangah. .
  • Selasa, 03 Mei 2016 - 17:35:05 WIB

    Wow! Ribuan Warga Chaniago se-Dunia Akan Kumpul di Padang

    Wow! Ribuan Warga Chaniago se-Dunia Akan Kumpul di Padang PADANG, HALUAN--Diperkirakan ribuan warga Suku Chaniago akan menghadiri pelantikan dan pengukuhan Dewan Pengurus Pusat (DPP) Ikatan Keluarga Besar Rang Suku Chaniago (IKBRSC) se-Indonesia. Kegiatan ini bakal dilaksanakan Kam.
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]