Jangan ada Perpeloncoan pada Masa PLS


Rabu, 05 Juli 2017 - 13:14:58 WIB
Jangan ada Perpeloncoan pada Masa PLS IST

PADANG, HALUAN- Anggota Komisi V DPRD Sumbar, Endarmy menghimbau jangan ada aktivitas perpoloncoan terhadap siswa baru yang saat ini sedang melakukan kegiatan pengenalan lingkungan sekolah (PLS) di tingkat SMA sederajat.

Perpeloncoan ini biasanya dilakukan oleh senior kepada juniornya yang baru mengenal lingkungan sekolah. "Pengawasan dari guru dan kepala sekolah diperlukan untuk mengantisipasi hal tersebut," ujar Endarmy.

Endarmy tak menampik, dari tahun kegiatan perpoloncoan yang bisa memicu bullying sudah berkurang.  Apalagi beberapa waktu terakhir pengenalan sekolah juga sudah melibatkan guru-guru. Namun demikian, kata dia, pengawasan dari pihak sekolah tetap harus jalan.

"Adanya keterlibatan guru dalam pengenalan sekolah adalah suatu yang sangat bagus. Jadi, siswa senior hanya bersifat membantu pelaksanaannya, dengan begitu adanya perpoloncoan senior kepada junior dapat ditekan," ucapnya.

Politisi Partai Nasdem ini menambahkan, yang terpenting saat ini adalah moral setiap siswa harus dibentuk. Sebab jika ada hal yang tidak enak dirasakan murid  baru di awal sekolah itu bisa saja memicu rasa dendam, sehingga nantinya turut dilampiaskan lagi ke adik kelasnya.

Selanjutnya Endarmy juga mendorong Dinas Pendidikan Sumbar dan Kabupaten/kota agar turut mengawasi kegiatan PLS ini bagi siswa baru. Dengan demikian karakter siswa-siswa baru juga tidak berubah disebabkan adanya perlakuan yang tak baik dari seniornya.

Soal pelaksanaan PLS itu sendiri, Kepala SMAN 1 Padang, Nukman mengatakan, siswa baru lebih diarahkan kepada peningkatan karakter siswa. Murid diajarkan mengenai etika dan tingkah laku sebagai pelajar, sehingga mereka  mendapat pemahaman positif mengenai lingkungan sekolah.

“Selama masa pengenalan lingkungan sekolah, siswa dikenalkan dengan lingkungan sekolah dan penanaman karakter siswa. Tidak ada lagi yang namanya perpeloncoan atau adanya perilaku menyimpang yang dilakukan kepada pelajar. Sehingga, siswa baru memiliki pengetahuan yang lengkap seputar sekolah yang diberikan selama masa PLS,” katanya.

Ia mengatakan, masa pengenalan lingkungan sekolah akan  berakhir Kamis (6/07) ini, dan dilanjutkan dengan proses belajar mengajar seperti biasanya. (h/len/mg-eby)

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]