Jalan Amblas, Warga Mawar Lintau Terancam Terisolir


Rabu, 05 Juli 2017 - 19:06:58 WIB
Jalan Amblas, Warga Mawar Lintau Terancam Terisolir Kondisi jalan yang amblas di Jorong Mawar 1 1 Nagari Lubuk Jantan Kecamatan Lintau Buo Utara. FOTO CHAIRUL

TANAH DATAR, HARIANHALUAN.COM--Warga Jorong Mawar 1 Nagari Lubuk Jantan Kecamatan Lintau Buo Utara terancam terisolir. Hal ini disebabkan jalan penghubung jorong tersebut dengan dunia luar telah amblas sebagian, Rabu (5/7).

Menurut salah seorang tokoh masyarakat setempat M.Natsir, jalan itu merupakan akses utama, karena menjadi satu- satunya jalan yangenghubungkan mereka dengan nagari tetangga.

"Segala aktivitas ekonomi melalui jalan ini tentu kerusakan ataupun amblasnya aspal dijalan ini akan menjadikan masalah bagi kehidupan disini. Untuk itu kami meminta agar pihak terkait untuk memperbaiki ataupun mencarikan solusinya agar amblas tidak lebih lebar lagi," tegasnya.

Hal senada juga disampaikan Siti (34) salah seorang penguna jalan, dikatakannya ia sangat kesulitan saat melalui jalan tersebut. Pasalnya ukuran lubang pada jalan sangat lebar dan dalam sehingga menyulitkan pengendara melaluinya.

"Saya takut dan gamang saat melalui jalan tersebut," ujarnya.

Ia juga berharap jalan  tersebut agar segera diperbaiki oleh pihak terkait. Pasalnya jalan tersebut merupakan jalur utama bagi  penghubung Lintau dengan Pusat Kota Batusangkar.

Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah Indra Kesuma kepada Haluan menyebutkan, pihaknya telah meninjau dan berkoordinasi dengan pihak terkait lainnya sekaitan amblasnya jalan penghubung masyarakat jorong mawar itu.

"Sekaitan dengan amblasnya jalan itu, kita telah berkoordinasi dengan pihak terkait dan disamping itu kita juga meminta walijorong agar membuka jemuran yang ditapi jalan dekat jalan yang amblas itu agar mobil bisa lewat tanpa mengenai jalan yang berlubang itu,”jelas Indra.

Menurutnya, lebar aspal yang amblas sekita 1 Meter dengan kedalaman 2 meter dan berada diluar gorong-gorong. Ia menghimbau agar pengawasan terhadap kenderaan yang melintasi jalan tersebut harus dilakukan oleh warga agar lubang itu tidak bertamabh lebar.(h/mg-rul)

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]