Cuaca Berubah, BPBD Ajak Warga Waspada


Kamis, 06 Juli 2017 - 12:09:08 WIB
Cuaca Berubah, BPBD Ajak Warga Waspada Ilustasi/Haluan

PADANG,  HARIANHALUAN.COM –Jelang Juli 2017, iklim di Sumbar biasanya sudah kering, tapi akan bergeser menjadi musim basah dengan intensitas hujan yang cukup tinggi. Hal ini terpantau dengan terbentuknya pola-pola siklonik cuaca di Barat Mentawai sehingga memicu pertumbungan awan-awan hujan.

"Jadi, di awal Bulan Juli yang seharusnya masih kering itu bergeser ke pertengahan Juli," papar Kepala Seksi Observasi dan Informasi BMKG Minangkabau, Padang Pariaman, Budi Iman Samiaji kepada Haluan, Rabu (5/7) di Padang.

Sementara itu, terkait dengan cuaca sebagian wilayah Sumbar yang masih akan diguyur hujan dengan intensitas sedang hingga lebat sudah dalam pantauan BMKG.

Beberapa daerah yang berpotensi terjadi hujan dengan intensitas sedang hingga lebat dapat disertai petir/kilat di wilayah, Pasaman Barat yaitu Kinali, Sasak Ranah Pasisie, Sungai Aur, Agam di Tanjung Mutiara, Tiku, dan dapat meluas ke wilayah Pariaman, Padang Pariaman, Padang, Pesisir Selatan dan sekitarnya.

"Kondisi ini diperkirakan masih akan berlangsung hingga pukul 12.00 WIB," pungkasnya.

Terkait ini, Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kota Padang Edi Hasymi menghimbau warga Kota Padang untuk meningkatkan kewaspadaan terkait perubahan cuaca ekstrem ini, agar masyarakat tidak menjadi korban nantinya serta kerugian materi tidak dialami juga.

Pihaknya  dan para personil selalu standby dengan peralatan terkait kondisi yang tidak diinginkan terjadi seperti banjir, tanah longsor dan lain sebagainya.  "Ini dilakukan,  demi menciptakan keselamatan pada masyarakat serta menghindari kerugian materi yang cukup besar," katanya.

Warga diminta,  berpartisipasi dalam hal ini, seperti komunikasi dengan RW, RT, Lurah dan Masyarakat sekitar terkait kondisi yang memprihatinkan, agar pertolongan dapat dibantu dengan segera dan kenyamanan warga dapat terlihat.

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]