Pol PP Padang Panjang Gusur PKL, Warga dan Kodim 0307/TD Kecewa


Kamis, 06 Juli 2017 - 18:00:28 WIB
Pol PP Padang Panjang Gusur PKL, Warga dan Kodim 0307/TD Kecewa Satuan Polisi Pamong Praja membawa gerobak PKL di Pasar Padang Panjang untuk diamankan. Apiz Jackson

PADANG PANJANG, HARIANHALUAN.COM—Belasan Pedagang Kaki Lima (PKL) di depan pertokoan belakang gedung M.Syafei Pasar Padang Panjang, digusur paksa oleh Satuan Polisi Pamong Praja (SatPol-PP), Rabu (6/7) malam sekitar pukul 19.00 WIB. Kejadian tersebut membuat pedagang dan TNI AD karena tidak ada pemberitahuan atau kordinasi.

Dari informasi yang dihimpun Harianhaluan.com di lapangan, penggusuran yang terjadi malam itu mendadak, karena tak ada sosialisasi maupun pemberitahuan sebelumnya.

Salah seorang pedagang jamur Crispy Nila mengaku sangat terkejut saat puluhan personil Satpol-PP datang dan mengamankan gerobaknya dagangan miliknya, pasalnya setelah sekian lama berdagang di tempat tersebut tak pernah ada peringatan ataupun larangan untuk berdagang disana.

“Kami sudah berdagang disini semenjak dibangunnya pasar penampungan di terminal mikrolet Pasar Padang Panjang, dulu kami berdagang di terminal tersebut, dan semenjak penampungan dibangun kami pindah kesini, sejak itu tak pernah ada peringatan ataupun larangan untuk berdagang disini, namun  tiba-tiba saja mendadak digusur,” tutur Nila.

“Entah bagaimana nasib kami, anak-anak mau masuk sekolah, kami tak bisa berdagang lagi, entah bagaimana nasib kami sebagai rakyat kecil di Kota ini, hanya dengan berdagang kami bisa menyambung hidup, tapi apalah daya gerobak untuk berdagang kami diamankan di SatPol-PP,” tambahnya.

Sementara, Kasi-OP Pol-PP Padang Panjang Azizah saat ditemui dilokasi penggusuran mengatakan, penertiban yang dilakukan pihaknya tersebut, merupakan perintah langsung Walikota Padang Panjang setelah mendapat laporan dari masyarakat.

“Kami hanya  menjalankan perintah Walikota, untuk menertibkan para pedagang yang berada di belakang gedung M.Syafei, dan memang ini bersifat mendadak, karena ada laporan masuk terkait tempat tersebut sudah mengganggu kenyamanan dan kebersihan,” terang Azizah.  

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]