Jalur Kereta Api Ombilin Diaktifkan, Prasasti Raja Adityawarman Ini Dipindahkan


Kamis, 06 Juli 2017 - 18:28:13 WIB
Jalur Kereta Api Ombilin Diaktifkan, Prasasti Raja Adityawarman Ini Dipindahkan Masyarakat bersama tim BPCB Sumatera Barat, bergotong royong memindahkan prasasti ombilin, Kamis, (6/7). Khairul

 

TANAH DATAR, HARIANHALUAN.COM--Balai Pelestarian Cagar Budaya Sumatera Barat memindahkan Prasasti Ombilin dari Ruang Koleksi BPCB Sumbar ke ke Nagari Simawang Kecamatan Rambatan Tanah Datar, Kamis, (6/7). 

Pemindahan dilakukan dalam rangka tindakan preventif terkait kebijakan pengaktifan kembali jalur kereta api dari Sawahlunto-Padang.

Imbas dari kebijakan tersebut mengakibatkan Prasasti Ombilin berada dalam area yg tidak aman karena berjarak kurang lebih 4 m dari pinggir rel kereta. Sehingga, berpotensi  akan rusak, hancur nantinya ketika rel.kereta di dekat lokasi prasasti aktif.

Kepada Harianhaluan.com Dodi Candra mengatakan, karena adanya pembangunan dan perbaikan rel kereta Api dikhawatirkan dapat merusak Prasasti tersebut. Dengan hal tersebut, maka dilakukan pengangkatan dan pemindahan prasasti yang dalam hal ini menjadi program kerja di Kelompok Kerja Penyelamatan, Pengamanan dan Zonasi BPCB Sumatera Barat.

"Kami beserta tim sangat khawatir jika prasasti tersebut mengalami kerusakan," ujar Dodi.

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]