Jalur Kereta Api Ombilin Diaktifkan, Prasasti Raja Adityawarman Ini Dipindahkan


Kamis, 06 Juli 2017 - 18:28:13 WIB
Jalur Kereta Api Ombilin Diaktifkan, Prasasti Raja Adityawarman Ini Dipindahkan Masyarakat bersama tim BPCB Sumatera Barat, bergotong royong memindahkan prasasti ombilin, Kamis, (6/7). Khairul
Ia juga mengatakan, pengangkatan prasasti yang berbahan batu andesit tersebut dilakukan dengan cara manual dengan menggunakan peralatan sederhana berupa: balok kayu, bambu, karet, karung, tali, linggis dengan tenaga manusia sebanyak kurang lebih 10 orang.

Ia juga menjelaskan, pengangkatan dan pemindahan juga dilakukan dengan cara manual dengan melibatkan 10 orang (Emi Rosman, Zulfian.A, Hendra Fazri, Sukardi, Suhardi, Marta Findra, Nazrizal, Hadriyanto , Asril, Dodi Chandra). Turut pula, dibantu oleh juru pelihara Situs Prasasti Ombilin (Dani) dan juga masyarakat sekitar.

Prasasti Ombilin merupakan salah satu dari sekian banyak prasasti tinggalan dari Raja Adityawarman yang memerintah dari tahun 1347-1347 M.  Saat ditemukan pertama kali berada di tepi Danau Singkarak,kemudian dipindahkan untuk pengamanannya.

 

Editor: Rivo Septi Andries





Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com
BERITA TERKAIT

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]




TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM