Tradisi Pulang Basamo. KABS Gelar Mancing Bersama


Kamis, 06 Juli 2017 - 20:31:27 WIB
Tradisi Pulang Basamo. KABS Gelar Mancing Bersama Sejumlah perantau dan warga memancing di Kenagarian Aur Begalung Sepakat, Kecamatan Bayang, Kabupaten Pesisir Selatan (Pessel), IST
PAINAN, HARIANHALUAN.COM - Masyarakat Kenagarian Aur Begalung Sepakat, Kecamatan Bayang, Kabupaten Pesisir Selatan (Pessel), menggelar acara mancing bersama di Sungai setempat, kegiatan tersebut bertujuan untuk menyemarakkan tradisi perantau pulang basamo.
 
Ketua Umum Keluarga Aur Begalung Sepakat (KABS), Doni Harsiva Yandra, S.IP, ME mengatakan, kegiatan tersebut bukan semata untuk menyambut para perantau saja pada libur lebaran 1438 H, melainkan sebagai ajang menggalang dana untuk menunjang pembangunan Masjid yang ada di kampung halaman.
 
"Bagi peserta yang ikut dalam kegiatan mancing mania ini, nanti dipungut semacam sumbangan dan dananya akan disumbangkan untuk bantuan sejumlah pembangunan Masjid," sebutnya di lokasi. Kamis (6/7).
 
Menurutnya, kegiatan yang digelar di Sungai Kampung Lubuk Begalung, Kenagarian Lubuk Begalung Talaok tersebut, diikuti sekitar ratusan peserta yang dibagi menjadi dua sesi. 
 
"Untuk sesi pertama, digelar pada pukul 07.00 WIB hingga pukul 12.00 WIB. Sedangkan untuk sesi kedua, dimulai pada pukul 14.00 WIB hingga pukul 17.00 WIB, dan peserta dikenakan uang pendaftaran sebesar Rp100 ribu. Nanti dananya akan di sumbangkan untuk bantuan pembangunan Masjid," jelasnya.
 
Pada kesempatan itu, Ketua Panitia Penyambutan Pulang Basamo, Musrial, berharap agar para perantau selalu menggelar kegiatan tersebut rutin setiap tahunnya. Sebab, dengan adanya kegiatan tersebut secara otomatis turut mempercepat laju pembangunan Masjid yang ada di Kenagarian Aur Begalung.
 
"Jadi, kita tidak hanya bergantung kepada anggaran pemerintah atau nagari saja. Namun, peran aktif para perantau juga sangat dibutuhkan dalam pembangunan kampung halaman. Semoga kedepannya masyarakat Aur Begalung, mampu menjaga apa yang telah di berikan para perantau," harapnya.
 
 
Sementara itu, Emil (34), salah satu masyarakat setempat mengaku sangat terhibur dengan kegiatan tersebut. Menurutnya kegiatan menggalang dana yang dilakukan para perantau itu, patut diberi apresiasi dan sangat membantu untuk kampung halaman.
 
"Kegiatan ini sangat positif. Betapa tidak, orang tak sekedar menyumbang dana saja, tetapi juga mendapatkan hiburan dengan cara memancing dan ikannya boleh dibawa pulang," sebutnya sambil tersenyum. (h/mg-kis)
 
 
 
Editor: Rivo Septi Andries




Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com
BERITA TERKAIT

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]




TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM