PSB Online Meratakan Penyebaran Siswa


Jumat, 07 Juli 2017 - 11:42:28 WIB
PSB Online Meratakan Penyebaran Siswa

PADANG, HALUAN— Sudah beberapa tahun terakhir ini, Proses Penerimaan Siswa Baru (PSB) dilakukan secara Online, dengan memanfaatkan Teknologi Informasi (TI). Walaupun sudah memanfaatkan TI, Proses PDB juga dilakukan melalui jalur mandiri, prestasi, tahfiz dan inklusi.

Seperti halnya juga untuk tahun ajaran 2017/2018. Berdasarkan informasi yang dihimpun Haluan, Kamis (6/7) tahun ini, dari 14.714 lulusan Sekolah Dasar (SD) tercatat sebanyak  8.148 siswa lulus di SMPN yang ada di Kota Padang melalui jalur penerimaan siswa baru secara Online.

Kepala Dinas Pendidikan Kota Padang, Barlius mengatakan, persentase penerimaan siswa baru lebih besar pada jalur Online. Pada jalur ini, mengutamakan siswa yang berada dalam rayon sekolah tersebut. Sehingga, kemungkinan besar siswa tersebut bisa lulus jika mendaftar di sekolah yang merupakan rujukan sekolah tersebut.

“Adanya PSB Online ini menjadikan penyebaran siswa disekolah tersebut lebih merata. Sehingga kemajuan pendidikan di Kota Padang untuk semua sekolah dapat tercapai,” katanya.

Ia mengatakan, PSB Online memiliki beberapa kelebihan diantaranya efisiensi pelaksanaan penerimaan siswa baru dan memudahkan masyarakat. Hal ini karena, di era globalisasi sekarang semua masyarakat dapat mengakses internet secara mudah. “Hal yang paling penting dalam pelaksanaan PSB Online ini ialah seleksi yang terbuka, jujur dan adil, sehingga peluang adanya kecurangan sangat sedikit. Selain itu, dapat meningkatkan mutu layanan pendidikan yang semakin maju,” katanya.

Kepala SMPN 28 Padang, Arman mengatakan proses penerimaan siswa baru dilakukan secara Online dan Inklusi. Tahun ini, SMPN 28 Padang menerima sebanyak 256 siswa untuk 8 rombongan belajar. “Adanya PSB Online ini memberikan kesempatan dan peluang yang besar bagi siswa yang berada dalam rayon tersebut untuk bisa lulus pada sekolah yang menjadi rujukannya,” ucapnya.

Ia mengatakan, pada tahap pertama PSB Online, akan diambil 70 persen dari pendaftar, lalu dilanjutkan dengan tahap kedua yang akan membuka peluang yang lebih besar bagi siswa dalam rayon untuk lulus PSB Online.

Lanjutnya, adanya perbaikan dalam penerimaan siswa baru dari tahun ke tahun dapat meningkatkan mutu dan kualitas pendidikan di Kota Padang, sehingga mampu mampu melahirkan generasi bangsa yang lebih baik. (h/mg-eby)

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]